PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

CINDY EVITA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 77 Jakarta pada bulan Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode jenis quasi experiment dengan desain nonrandomized pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum perlakuan, kedua kelas diberikan pretest untuk mengetahui tingkat kemampuan sama. Didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen=43,25 dan kelas kontrol=42,75. Instrumen penelitian ini adalah soal posttest berbentuk esai sebanyak 10 soal. Pengujian persyaratan dengan uji normalitas menggunakan rumus chikuadrat, karena X2 hitung≤X2 tabel (4,58≤11,070) pada kelas eksperimen dan X2 hitung≤X2 tabel (4,72≤11,070) pada kelas kontrol, diperoleh kesimpulan data terdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung≤Ftabel (1,427≤1,757), maka data homogen. Uji hipotesis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 dan dk=n1+n2-2 didapatkan thitung>ttabel (4,278>1,667), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model Guided Note Taking (GNT) lebih tinggi daripada model direct instruction dan model Guided Note Taking (GNT) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si ; 2). Dr. Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:25
Last Modified: 14 Apr 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item