CINDY EVITA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (94kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (90kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (70kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 77 Jakarta pada bulan Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode jenis quasi experiment dengan desain nonrandomized pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum perlakuan, kedua kelas diberikan pretest untuk mengetahui tingkat kemampuan sama. Didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen=43,25 dan kelas kontrol=42,75. Instrumen penelitian ini adalah soal posttest berbentuk esai sebanyak 10 soal. Pengujian persyaratan dengan uji normalitas menggunakan rumus chikuadrat, karena X2 hitung≤X2 tabel (4,58≤11,070) pada kelas eksperimen dan X2 hitung≤X2 tabel (4,72≤11,070) pada kelas kontrol, diperoleh kesimpulan data terdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung≤Ftabel (1,427≤1,757), maka data homogen. Uji hipotesis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 dan dk=n1+n2-2 didapatkan thitung>ttabel (4,278>1,667), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model Guided Note Taking (GNT) lebih tinggi daripada model direct instruction dan model Guided Note Taking (GNT) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si ; 2). Dr. Esmar Budi, M.T |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26683 |
Actions (login required)
View Item |