PENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA DOMAIN KOGNITIFSISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN MENTENG 02 JAKARTA PUSAT

NOPIH NURVRIYANI, . (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA DOMAIN KOGNITIFSISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN MENTENG 02 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LKPD S1 P1.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitifsiswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat yang berjumlah 29 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model John Elliot. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menghitung persentase hasil belajar matematika menggunakan statistik sederhana, sedangkan analisis data tindakan dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 65,51% dengan 19 siswa mendapat skor ≥ 75 dan pada siklus II mencapai 93,10% dengan rincian 27 siswa mendapat skor ≥ 75. Hasil belajar matematika domain kognitif siswa melalui pendekatan saintifik di SDN Menteng 02 Jakarta Pusat menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 27,58%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sudah tepat. This research aims to improve outcame learning of math cognitive domain. The subjects were students of class IV SDN Menteng 02 Center Jakarta totaling 29 students. The method was classroom action research using a model John Elliot. Data collected by observation techniques, test, field notes, and documentation of the learning activities. Analysis of the research data was performed by calculating the percentage of learning math using simple statistics, while data analysis actionswas performed by reflecting the activities that have been carried out in every cycle. Result of the evaluation of student learning in the first cycle reached 65,51% with 19 student scored ≥ 75 and the second cycle reached 93,10% with details of 27 students scored ≥ 75. Student learning outcames in learning math cognitive domain through a scientific approach in SDN Menteng 02 Center Jakarta showed an increase from cycle I to cycle II of 27,58%. The result achieved in the second cycle proved that the scientific approach used by reseachers to improve student learning outcames in learning math is right.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Apr 2022 04:08
Last Modified: 17 Apr 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item