PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

SHOHIBATUL ASLAMIAH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Surat Persetujuan Panitia Ujian Skripsi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)

Abstract

Model pembelajaran POE merupakan suatu model pembelajaran dimana guru menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tiga tugas utama, yakni prediksi, observasi, dan memberikan penjelasan. Model pembelajaran POE berlandaskan pada teori konstruktivisme dimana peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaraan POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. The POE learning model is a learning model where teacher dig student’s comprehension by told them to do three main task such as prediction, observation, and giving explaination. POE learning model based on contructivism theory where student can build their own knowledge based on their experience. The research aim was to determine the effect of POE learning model on student Biology learning outcomes in class X on environmental change subject. The research was conducted on Even Semester of academic year 2016/2017. The method used was quasi experiment method. The number of sample were 30 students of experimental class and 30 students of control class. The result of normality and homogeneity test showed the sample data came from normal and homogenous distribution population. The conclusion of this research was there were effect of POE learning model to Biology learning outcomes of class X students in environmental change subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Diana Vivanti S., M.Si 2) Erna Heryanti, S.Hut, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:18
Last Modified: 18 Apr 2022 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item