PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN (Studi Kasus: Proses Pembelajaran Komunitas Kreatif Kandank Jurank Doank)

AHMADIZZU ISKANDAR SOALOHAN NASUTION, . (2015) PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN (Studi Kasus: Proses Pembelajaran Komunitas Kreatif Kandank Jurank Doank). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
1. cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESHAN 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. skripsweet.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK, motto, kata pengantar, daftar isi, tabel.pdf

Download (163kB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan yang berlangsung di Komunitas Kreatif Kandank Jurank Doank. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses pendidikan di Komunitas Kreatif Kandank Jurank Doank yang mengaplikasikan konsep pendidikan yang membebaskan. Selanjutnya, penelitian ini melihat proses pembelajaran yang berlangsung di Komunitas Kandank Jurank Doank yang menerapkan sistem pendidikan yang membebaskan konsep Paulo Freire. Penelitian ini dilakukan di Komunitas kreatif Kandank Jurank Doank yang bertempat di Kompek Alvita blok.Q no.14 RT 06/01 kelurahan Sawah Baru, Tangerang-selatan, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi partisipatif. Wawancara dilakukan kepada 1 informan kunci, 2 pegawai, 4 relawan dan 10 peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan, sejak tanggal 4 Januari 2014 sampai 3 Juni 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum, proses pendidikan yang dilaksanakan di Komunitas Kreatif Kandank Jurank Doank telah menerapkan konsep pendidikan yang membebaskan, melalui metode pembelajaran yang digunakan, pendekatan dialogis antara peserta didik dan pengajar, serta dibangunnya karakter dan kesadaran kritis anak melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan setiap harinya. Dalam konsep pendidikan yang membebaskan Paulo freire, kesadaran kritis berkaitan dengan pembebasan individu dari berbagai penindasan. Kesadaran kritis tersebut dikembangkan menjadi sebuah kreatifitas dalam diri peserta didik agar dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi kemudian kelak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suriani. SH. MA. ; 2). Yuanita Aprilandini, M. Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:10
Last Modified: 19 Apr 2022 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26761

Actions (login required)

View Item View Item