PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MELALUI TORCH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR (Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kayuringin Jaya VI, Bekasi)

NOVITA ISTIKOMAH, . (2016) PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MELALUI TORCH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR (Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kayuringin Jaya VI, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. LEMBAR JUDUL .pdf

Download (19kB)
[img] Text
03. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
05. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
04. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
06. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
07. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
08. BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (458kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (128kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (423kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan strategi TORCH dalam meningkatkan keterampilan mengarang peserta didik berkesulitan belajar kelas V di SDN Kayuringin Jaya VI, Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik berkesulitan belajar kelas V yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan atau Action Research dengan model Martini Jamaris. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan tes kinerja yang dianalisis dengan uji t. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari asesmen awal, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan asesmen akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi kognitif melalui TORCH dapat meningkatkan keterampilan mengarang peserta didik kelas V, khususnya dalam karangan narasi, yang ditandai dengan tercapainya nilai minimal dalam mengarang yaitu 70. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi TORCH dapat dijadikan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengarang. The aims of this research is to know the outcome of TORCH strategy application to improve written expression skill for fifth grade student with learning disability at SDN Kayuringin Jaya VI, Bekasi. The subject of this research is 5 students with learning disability at fifth grade. This research was conducted on February until June 2016. The research method is Action Research with Martini Jamaris Model. The data collection was collected with observation and performance test, which was analysed with t test. This research divide into two cycles, each cycles include pre assessment, planning, action, observing, reflecting, and post assessment. The result of this research showed that the application of TORCH strategy improved fifth grade’s written expression skill, especially narrative text, which known by improvement of students grade to 70 at least. This result showed that TORCH strategy could be one of applicable strategy to improve student’s written expression skill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Martini Jamaris, M. Sc.Ed. 2). Leliana Lianti, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:32
Last Modified: 18 Apr 2022 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item