PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE CO-OP CO-OP DI SMP NEGERI 47 JAKARTA

SRININGSIH, . (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE CO-OP CO-OP DI SMP NEGERI 47 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
0. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (32kB)
[img] Text
1. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (205kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
SURAT PENYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CoOp Co-Op. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 47 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen (penelitian semu) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Sebelum memilih kelas eksperimen, peneliti terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Selanjutnya terpilih dua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen I (belajar menggunakan tipe NHT) dan kelas eksperimen II (belajar menggunakan tipe Co-Op Co-Op). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan sebanyak enam soal. Sebelum diberikan kepada siswa, instrumen tes telah melalui uji validasi isi, konstruk, dan empiris. Selain itu instrumen tes juga dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reabilitas sebesar 0,647 yang berarti reabilitas termasuk klasifikasi tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen I adalah 78,78 dan kelas eksperimen II adalah 73,31. Hasil pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh bahwa data skor kedua kelas eksperimen berasal dari populasi berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh bahwa data skor kedua kelas eksperimen memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,297 > ttabel = 1,995 sehingga keputusannya adalah H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahawa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op. The purpose of this research is to find out empirically whether the student comprehension toward mathematic concept taught with cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type is higher than students comprehension taught by cooperative learning model Co-Op Co-Op type. This research was conducted at SMP Negeri 47 Jakarta. The research method uses quasi experiment method (quasi research) with sampling technique using two stage sampling. Before selecting the experiment class, the researcher conducted the test of normality, homogeneity, and average similarities. Then the chosen experiment classes named experiment class I (learning process using NHT type) and experiment II class (learning process using Co-Op Co-Op type). Instruments in this study uses the test results on the subject of integers and fractions consist of six questions. Before it given to students, the test instrument has passed the test of content validation, constructs, and empiric. In addition, test instruments also tested by reliability test using Alpha Cronbach formula and obtained the reliability coefficient of 0.647 which means reliability included into high classification. Based on research result, the average of the students' comprehension of mathematics concepts in experiment class I is 78.78 and in the experiment class II is 73.31. The result of normality test using Lilliefors test showed that scores of both experiment classes derived from normal distributed population. In the homogeneity test using Fisher test, the result found that the scores of both experimental classes had the same variants. Hypothesis testing done by using ttest obtained tcount = 2.297> ttable = 1.995, so the H0 is rejected. Thus, it can be concluded that the mathematics concept comprehension for students who learn used cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type is higher than the mathematics concept comprehension for students who learn used cooperative learning model Co-Op Co-Op type.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:53
Last Modified: 18 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item