UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII E SMP NEGERI 20 JAKARTA

SURYADI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII E SMP NEGERI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PRASIKLUS.pdf

Download (266kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (62kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes pra penelitian kemampuan representasi matematika siswa yang diakukan di kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematika termasuk kategori rendah, yaitu 40 dari nilai maksimal 100, oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Model TTW terdiri dari tiga tahap, yaitu Think (Berpikir), Talk (Berbicara) dan Write (Menulis), masing- masing tahapan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika pada materi segitiga dan segiempat kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta melalui model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Setiap siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Siswa juga diberikan tes akhir pada setiap siklus untuk mengukur kemampuan representasi matematika. Penelitian ini berlangsung dari bulan April hingga Mei 2016 di kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata tes kemampuan representasi matematika di setiap siklusnya. Rata-rata nilai kemampuan representasi matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta pada siklus I adalah 46,05, pada siklus II meningkat menjadi 67,17 dan pada siklus III meningkat menjadi 84,03. Kemudian jumlah siswa yang nilai kemampuan representasi matematika mencapai atau melebihi 72 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 5,56% siswa, pada siklus II meningkat menjadi 33,33% siswa dan pada siklus III meningkat menjadi 91,67% siswa. Observation and the result of mathematical representation preliminary test in VII E class of SMP Negeri 20 Jakarta show that the ability of mathematical representation in VII E class is still below the category, then the ability should be enhanced. Implementation of Cooperative Model Think Talk Write (TTW) can be used as an alternative learning in the class. Model Think Talk Write (TTW) consists of three steps: Think, Talk and Write wherever each step can increase the student’s ability of mathematical representation. This research aims to improve student’s ability of mathematical representation through the Implementation of Cooperative Model Think Talk Write (TTW). This research is classroom action research that is held with three cycles where each cycle has four stages: planning, implemenation, observation and reflection. Every cycle is held with Cooperative Model Think Talk Write. In the end of every cycle, the test are given to the student to measure how far their ability of mathematical representation goes. This research is held on April untill Mei 2016 in VII E clas of SMP Negeri 20 Jakarta with 36 students. The result shows that learning mathematics through the implementation Cooperative Model Think Talk Write (TTW) can improve student’s ability of mathematical representation. It is shown by an increase of the average score of the test. The average score from the frist cycle is 46,05, then it increases to 67,17 on the second cycle and it reaches 84,03 on the third cycle. The number of student who is reaching out the limitation of ability of mathematical representation (KKM) score is also increasing. There are 5,56% of 36 students that can reach out the KKM score on the first cycle, then it is increasing to 33,33% of 36 students on the second cycle and there are 91,67% of 36 students reach out the KKM score.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Dra. Sri Utami, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:31
Last Modified: 18 Apr 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26832

Actions (login required)

View Item View Item