PENGARUH KEPADATAN HUNIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KELURAHAN KEBON KOSONG, KECAMATAN KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT

ANNISA FAUZIAH RACHMAH, . (2015) PENGARUH KEPADATAN HUNIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KELURAHAN KEBON KOSONG, KECAMATAN KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepadatan hunian terhadap motivasi belajar siswa SMP di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari sampai Maret 2015. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang bertempat tinggal di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian terhadap instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen dinyatakan valid apabila taraf ρiA ≥ 0,2. Sejumlah 2 item soal tentang kepadatan hunian dan 19 soal tentang motivasi belajar dinyatakan valid. Pengukuran reliabilitas berdasarkan nilai Croanbach’s Alpha. Hasil uji hipotesis Regresi Linear didapatkan nilai sig 0,011 < 0,050, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya koefisien regresi signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang antara kepadatan hunian terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil koefisien korelasi (r), didapatkan angka sebesar 0,458 hal ini menunjukkan bahwa kepadatan hunian mempunyai korelasi yang sedang terhadap motivasi belajar. Adapun pengaruh yang diberikan oleh kepadatan hunian terhadap motivasi belajar dalam penelitian ini adalah sebesar 21%. Pengaruh yang diberikan kepadatan hunian cenderung sedikit, hal ini dikarenakan motivasi belajar dibangun berdasarkan banyak faktor yang tidak terdapat pada penelitian ini seperti : cara mendidik orang tua dan keadaan ekonomi keluarga. The purpose of this study is to determine the effect of residential density on learning motivation of junior high school student in Kelurahan Kebon Kosong. The experiment was held on January until March 2015. The method is using quantitative method. The analysis technique is using a simple linear regression. The population in this study were all the junior high school students who live in Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. The sample in this study amounted to 30 respondents. The sampling technique is using random sampling. Data retrieval technique is using a questionnaire, before testing the hypothesis, the instruments was tested by validity and reliability test. The instrument is valid if the level of ρiA ≥ 0,2. A total 2 questions about the residential density and 19 on learning motivation declared valid. Measurement reliability based on the value Croanbach's Alpha. Linear regression hypothesis test results obtained sig 0,011 <0,050, therefore H0 was rejected and H1 was accepted it's mean as a significant regression coefficients. So it can be concluded that residential density give learning motivation effect. The result of linear regression hypothesis based on correlation coefficient( r ) obtained of 0,458, it indicates that the residential density has a medium correlation to the learning motivation. The influence exerted by residential density on learning motivation in this case was 21%. The effect given by the residential density is not much, this influenced by plenty of factors that can build up learning motivation for students, which is not mentioned in this research, such as : parents’ way of educating and family’s economic condition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rudi Iskandar, M.Si. ; 2). Samadi, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:28
Last Modified: 19 Apr 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26842

Actions (login required)

View Item View Item