PROGRAM PENGELOLAAN PENGADUAN SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENCITRAAN ORGANISASI DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG

ENDI SUTRISNO, . (2015) PROGRAM PENGELOLAAN PENGADUAN SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENCITRAAN ORGANISASI DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR AWAL SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PENCITRAAN ORGANISASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)

Abstract

Program pengelolaan pengaduan merupakan program rutin yang dilakukan Humas PLN Disjaya dalam menangani keluhan pelanggan melalui media surat pembaca baik cetak maupun online. Program pengelolaan pengaduan juga dapat meningkatkan bentuk pelayanan publik PLN Disjaya terutama dalam hal menangani keluhan pelanggan. Efektivitas pencitraan organisasi merupakan unit analisis untuk mengukur keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya yaitu meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi PLN Disjaya dalam menangani keluhan pelanggan dan ingin mengetahui program pengelolaan pengaduan dapat berkontribusi sebagai media peningkatan efektivitas pencitraan organisasi di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif bentuk studi kasus dengan model penjelasan deskriptif. Penelitian ini menggunakan konsep pelayanan publik, cybernatics system dan efektivitas organisasi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan sumber pustaka relevan. Jumlah informan sebanyak 8 orang. Informan kunci dalam penelitian ini adalah SPV Humas sebanyak 1 orang dan informan pendukung yaitu staff Humas sebanyak 1 orang, staff Niaga Call Center 123 sebanyak 2 orang, frontliner unit area sebanyak 1 orang dan pelanggan yang pernah menyampaikan komplain ke PLN Disjaya sebanyak 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian, program pengelolaan pengaduan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik PLN Disjaya yang dikelola oleh unit organisasi Humas. Program pengelolaan pengaduan merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Humas PLN Disjaya untuk meminimalisir berbagai keluhan pelanggan yang berasal dari media surat pembaca baik media cetak maupun online. Pelaksanaan program tersebut membuat Humas PLN Disjaya menjadi lebih respon time dalam menangani keluhan pelanggan. Program pengelolaan pengaduan dijadikan oleh Humas PLN Disjaya sebagai media untuk meningkatkan efektivitas organisasi yang berdampak pada meningkatnya citra perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si. ; 2). Yuanita Aprilandini, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:41
Last Modified: 21 Apr 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item