MOTIVASI MAHASISWA SEJARAH MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

KANDACE IRIANI, . (2015) MOTIVASI MAHASISWA SEJARAH MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP).pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (508kB)
[img] Text
surat pernyataan.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang motivasi mahasiswa dalam pemilihan Program Studi Pendidikan Sejarah. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta dari bulan April 2014 sampai dengan Oktober 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sementara itu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Subjek yang menjadi penelitian adalah mahasiswa Sejarah angkatan 2012 dan angkatan 2013. Jumlah populasi penelitian sebanyak 154 orang. Subyek penelitian diambil 50% dari jumlah populasi sebanyak 77 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah para mahasiswa Sejarah memiliki motivasi yang berbeda ketika memilih Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Jakarta. Secara umum motivasi intrinsik yang menjadi faktor utama adalah kebutuhan yaitu sebesar 100% karena mahasiswa Sejarah menganggap pendidikan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Sedangkan motivasi khusus yang mendorong mahasiswa Sejarah memilih Program Studi Pendidikan Sejarah adalah minat. Persentasenya pada mahasiswa Sejarah angkatan 2012 sebesar 75% dan mahasiswa Sejarah angkatan 2013 mencapai 84%. Mahasiswa Sejarah berminat mempelajari ilmu Sejarah di universitas karena sejak di SMA sudah mengenal ilmu Sejarah. Indikator prestasi menjadi faktor terendah dalam motivasi instrinsik yang menyebabkan mahasiswa Sejarah memilih Program Studi Pendidikan Sejarah dengan jumlah persentase pada mahasiswa angkatan 2012 hanya 5% dan pada mahasiswa Sejarah angkatan 2013 hanya 8%. ii Motivasi ekstrinsik yang mempengaruhi para mahasiswa Sejarah dalam memilih Program Studi Pendidikan Sejarah adalah indikator kegiatan yang menarik. Pada mahasiswa angkatan 2012 persentasenya mencapai 97% dan persentase untuk mahasiswa angkatan 2013 mencapai 95%. Faktor yang dominan dalam indikator ini adalah proses pembelajaran Sejarah, mengenai pentingnya ilmu Sejarah di ajarkan di sekolah dan kegunaannya. Motivasi ekstrinsik lainnya adalah lingkungan yang baik berupa dukungan orangtua terhadap pilihan studi yang diambil oleh mahasiswa Sejarah. Jumlah persentasenya untuk mahasiswa angkatan 2012 mencapai 83% dan mahasiswa angkatan 2013 89%. Sementara faktor yang paling kecil mempengaruhi motivasi ekstrinsik mahasiswa Sejarah memilih Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Jakarta adalah faktor kelengkapan sarana dan prasarana. Persentase untuk faktor ini pada mahasiswa angkatan 2012 hanya mencapai 28%. Sedangkan pada mahasiswa angkatan 2013 persentasenya hanya 38%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Djunaidi, M.Hum. ; 2). Drs. M. Fakhruddin, M.Si .
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:49
Last Modified: 21 Apr 2022 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item