PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

RETNO PUSPITA SARI, . (2015) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Kata Pengantar dan DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Skripsi.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh antara Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Diponegoro Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April - September 2014. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Diponegoro berjumlah 134 siswa sedangkan jumlah sampel 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk kuesioner tertutup yang jawabannya telah tersedia. Hasil perhitungan dari data lapangan persentase lingkungan fisik sekolah adalah 65,36 (kategori cukup baik). Kategori ini dibuat berdasarkan kelas interval dari data terbesar dan terkecil. Sedangkan persentase hasil belajar geografi adalah 65,71 (kurang memuaskan). Hal ini dikarenakan bahan pelajaran yang diajarkan kurang dari 75% dikuasai siswa. Kategori diambil dari indikator tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Diponegoro 1 Jakarta, dengan melihat angka indeks determinasi sebesar 0,014 atau sebesar 1,4% dengan kategori sangat rendah. The aim of the study is to find out the influence of school physical environment on geography learning achievement of students in SMA Diponegoro 1 Jakarta. The study is conducted from May until September 2014. The method used in the study is quantitative with descriptive analysis. The population of the study is all social science students in Grade XI totalling 134 students, while the number of sample is 100 students. The sample is taken by using random sampling technique. The data collection used in the study is taken from closed questionnaire with available answer. The percentage of the calculation result which is taken from the field data is 54.59 (good category). This category is based on interval class from the largest and the smallest data. On the other hand, the percentage of geography learning achievement is 65.71 (less satisfying). It is resulted from the lesson materials which is less than 75% mastered by the students. The category is considered from learning achievement level indicator of the students. The hypothesis test shows that there is influence of school physical environment on geography learning achievement of social science students of grade XI in SMA Diponegoro 1, by referring to determination index score in the number of 0.014 or 1.4% which is categorized as “very low”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd. ; 2). Samadi, S.Pd. M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:41
Last Modified: 22 Apr 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item