PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK SISWA KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur)

RAHAYU MULYANITHA, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK SISWA KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Pada siklus I rata-rata nilai siswa hanya 68,75 dengan persentase 59% masih belum mencapai target. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dengan Persentase pencapaian pemantau aktivitas guru pada siklus I sebesar 70% dan pemantau tindakan siswa pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa 82,5 dengan persentase 84% sedangkan persentase pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 90% dan pemantau tindakan siswa sebesar 85%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar serta aktivitas guru dan siswa dari siklus pertama dan kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Index Card Match merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan. Jika disetiap ruang kelas telah menerapkan metode Index Card Match dengan baik, maka dua hasil yang akan diperoleh. Pertama, hasil belajar kognitif siswa akan menjadi lebih baik, dan kedua adanya hubungan sosial antar siswa yang lebih baik. The purpose of this study is to improve student learning outcomes after following study using the Index Card Match on the subjects of Social Sciences Elementary School. This research was conducted at SDN 03 Pagi Jati Pulo Asem North East Jakarta. This research method is by using action research spiral model / cycle of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with a twostage cycle of planning, implementation / action, observation and reflection. Data collection techniques through observation / observation and data collection by using documentation / photos taken during the learning process. In the first cycle the average value of 68.75 with the percentage of students only 59% still have not reached the target. The results show that the data obtained from the learning process by using Index Card Match with activity monitor achievement Percentage of teachers in the first cycle of 70% and monitors the actions of students in the first cycle by 60%. In the cycle I. In the second cycle the average value of learning outcomes IPS capabilities gained 82.5 students with a percentage of 84% while the percentage of teacher activity monitoring action on the second cycle of 90% and monitors the actions of students by 85%. This data shows an increase learning outcomes and the activities of teachers and students of the first and second cycles. From the results of this study concluded that Index Card Match method can improve learning outcomes IPS third grade students of SDN 03 Pagi Jati Pulo Asem North East Jakarta. The implication of this study indicate that by using Index Card Match is one method of learning that can improve learning outcomes for Social Sciences of the Natural Environment and Built Environment. If every classroom has implemented methods Index Card Match well, then the two results to be obtained. First, the cognitive achievement of students will be better, and both their social relationships between students better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arifin Maksum, M.Pd. 2). Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:59
Last Modified: 19 Apr 2022 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item