ANALISIS KOMPETENSI SOCIAL EMOTIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA

TRI HASTUTI BUDI UTAMI, . (2017) ANALISIS KOMPETENSI SOCIAL EMOTIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (117kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (365kB)

Abstract

Analisis kompetensi social emotional siswa pada pembelajaran asam basa, dilakukan dengan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) yang diintegrasikan dengan pendekatan Social Emotional Learning (SEL) pada 35 siswa SMA Yadika 5 Jakarta kelas XI MIPA 2. Pendekatan SEL digunakan untuk mengembangkan sikap siswa yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 pada kurikulum 2013. Penelitian ini berlangsung dari bulan November hingga Juli 2017. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan melalui wawancara siswa, observasi kegiatan pembelajaran, reflektif jurnal dan lembar kerja siswa yang diperoleh dari hasil penggunaan real life scenario. Penggunaan real life scenario yang berhubungan dengan asam basa dalam penelitian ini yaitu minuman berkarbonasi, sianida, dan pH air tanah. Beberapa indikator dari kelima kompetensi social emotional siswa XI MIPA 2 dapat muncul dan berkembang selama pembelajaran asam basa dengan menggunakan metode TPS di kelas. Indikator tersebut diantaranya siswa dapat temotivasi selama pembelajaran, mengelola hubungan baik dengan orang lain, dan mempertahankan jawaban yang mereka miliki dengan berdasarkan pada referensi yang tepat. Indikator tersebut muncul dan berkembang dikarenakan siswa menyukai pembelajaran dengan TPS dan real life scenario yang dapat mengembangkan kemampuan argumentasi, mengeksplorasi dan mengelola kemampuan diri, serta mampu bekerja secara bekelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sangat berpengaruh pada perilaku siswa, sehingga penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan sikap siswa yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 pada kurikulum 2013. Analysis of socio emotional competencies in acid bases learning had doing by Think Pair Share method, which as integrated with Social Emotional Learning approach on 35 students of SMA Yadika 5 Jakarta in 11th grades of MIPA 2. Socio Emotional Learning approach used by developed students attitude which agree with 21st century learning in 2013 curriculum. The research has occurred on November until July 2017. Qualitative method used by data collection through student interview, observation of learning activity, reflective journal of teacher and student, and student worksheet by resulted from used of real life scenario. Real life scenario related to acid bases is carbonated drink, cyanide, and pH of domestic water. Some indicator from fifth social emotional learning competencies of 11th grades students of MIPA 2 had appear and developed occur acid bases learning by think pair share method in classroom. The indicator of SEL had appear and developed is student has motivated a while learning process, manage relationship by well with other person, and defending their statement by correct reference. The indicator had appear and developed causes students liked learning by TPS and real life scenario which had develope argue abilities, exploration and managing self abilities, and student had group working. Therefore, the conclusion that student learning motivated had influence on student atitude, and this research can used for developed student atitude abilities which as with 21st century learning in 2013 curriculum.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Yuli Rahmawati, M.Sc, Ph.D 2) Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Apr 2022 09:10
Last Modified: 19 Apr 2022 09:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27107

Actions (login required)

View Item View Item