PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PAKET B SETARA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL

NOURMAYA MASYITHA, . (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PAKET B SETARA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
18 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
19 BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika untuk warga belajar Paket B setara SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam modul yang dikembangkan adalah sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual terdiri atas tujuh asas yaitu, konstruktivis, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Ketujuh asas tersebut terdapat pada bagian-bagian di dalam modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengem-bangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 90,11% maka diperoleh kategori sangat baik. Modul yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum matematika Paket B, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, isi modul sesuai dengan asas pendekatan kontekstual, dan bahasa yang digunakan dalam modul sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 83,17% maka diperoleh kategori sangat baik. Penyajian umum dan desain isi modul proporsional dan konsisten. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89,80% maka diperoleh kategori sangat baik. Modul yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami dengan mudah oleh warga belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel Paket B.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Puspita Sari, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:38
Last Modified: 13 Jan 2020 09:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item