NOURMAYA MASYITHA, . (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PAKET B SETARA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf Download (390kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (160kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (193kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Download (96kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
18 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (86kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
19 BIOGRAFI PENULIS.pdf Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika untuk warga belajar Paket B setara SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam modul yang dikembangkan adalah sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual terdiri atas tujuh asas yaitu, konstruktivis, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Ketujuh asas tersebut terdapat pada bagian-bagian di dalam modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengem-bangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 90,11% maka diperoleh kategori sangat baik. Modul yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum matematika Paket B, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, isi modul sesuai dengan asas pendekatan kontekstual, dan bahasa yang digunakan dalam modul sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 83,17% maka diperoleh kategori sangat baik. Penyajian umum dan desain isi modul proporsional dan konsisten. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89,80% maka diperoleh kategori sangat baik. Modul yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami dengan mudah oleh warga belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel Paket B.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Puspita Sari, S.Pd., M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 09:38 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 09:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2715 |
Actions (login required)
View Item |