RENNI SUJANNA, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK SISWA KELAS V SDN JATI 03 PAGI PULO ASEM JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.pdf Download (10kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (355kB) |
|
Text
lembar keaslian skripsi.pdf Download (288kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (95kB) |
|
Text
SURAT PENGESAHAN, KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DLL.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB III RENI.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (278kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunkan teknik round teble pada pata pelejaran ilmu pengetahuan sosia (IPS) di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Pulo Asen Utara Jakarta Timur yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 dengan materi kegiatan perekonomian dan jenis-jenis usaha perekonomian di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pada siklus I dan siklus II, dilihat pada siklus I sebanyak 21 siswa dari 36 siswa yang mencapai KKM dengan presentase 58% dan siklus II sebanyak 30 siswa dari 36 siswa yang mencapai KKM 83%. Dari siklus I dan siklis II telah menunjukkan adanya peningkatan. Implikasi hasil penelitian ini menujukkan bahwa teknik pembelajaran round table dapat dijadikan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. The research’s objective was was to improve students’ learning outcomes in social studies subject. The experiment was conducted on the fourth graders of SDN 03 Pagi Jati Pulo, East Jakarta. The writer did the research in the first semester of academic school year of 2016-2017. In the research, the writer took economic activity and the kinds of economic efforts in Indonesia as the topics. This researcher applied classroom action research model and the research lasted in two cycles. Based on the research, it showed that the increase in the first cycle and the second cycle. In the first cycle, there were 21 students out of 36 students who achieved KKM with a percentage of 58% and in the second cycle, there were 32 students out of 36 students who reached 89%. Seen from the changing from the first cycle to the second one, there was enhancement.The implication of this study was to indicate that the round table learning techniques can be used as learning techniques to improve fourth graders learning outcomes in social studies subject.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:09 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27150 |
Actions (login required)
View Item |