PENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMAN “X” JAKARTA

FARADHILAH IKLIMAH, . (2017) PENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMAN “X” JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perilaku interpersonal guru matematika terhadap motivasi berprestasi siswa di SMAN “X” Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala QTI (Questionnaire on Teacher Interaction) dan skala motivasi berprestasi. Sampel penelitian ini sebanyak 142 siswa. Metode perhitungan yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku interpersonal guru matematika dengan motivasi berprestasi siswa di SMAN “X” Jakarta. Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi perilaku interpersonal guru matematika maka akan semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Persentase pengaruh yang dihasilkan sebesar 14,6% adapun sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This study was conducted to determine the influence of teacher matematic interpersonal behavior on student achievement motivation at SMAN “X” Jakarta. This research uses quantitative method. Scale used in this research is QTI (Questionnaire on Teacher Interaction) scale and achievement motivation scale. The sample of this study as many as 142 students. The calculation method used is regression analysis. The result of this research is there is influence between teacher matematic interpersonal behavior toward student achievement motivation in SMAN “X” Jakarta. The resulting effect is positive. This shows the higher interpersonal behavior of matematic teachers will be the higher the achievement motivation of students. The percentage of influence generated by 14,6% as for the rest influenced by other factors not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D 2) Mira Ariyani, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:55
Last Modified: 20 Apr 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27178

Actions (login required)

View Item View Item