PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU RINGKASAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA

WIRA NIRMA L. PARAPAT, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU RINGKASAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WIRA NIRMA L. PARAPAT _ 3215122005.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku ringkasan dengan pendekatan saintifik yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi fluida. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Bab II tentang karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 menyatakan tuntutan yang harus dipenuhi guru dan peserta didik dalam pembelajaran proses dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil diskusi dengan guru dan peserta didik, data awal berupa angket analisis kebutuhan yang diisi oleh siswa dan pengamatan di kelas tentang kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya untuk materi fluida. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 30 Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) menggunakan desain model Borg & Gall. Hasil dari penelitian adalah buku ringkasan fisika dengan pendekatan saintifik yang telah divalidasi dengan mengacu pada skala likert. Hasil uji kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media dengan skor rerata 75,89% dan ahli materi dengan skor rerata 82,41%. Telah dilakukan uji empirik terhadap guru fisika SMA dengan skor rerata 78,06% dan uji lapangan oleh siswa dengan skor rerata 82,78%. Dari hasil penelitian ini dapat diiinterpretasikan sangat baik bahwa media pembelajaran buku ringkasan fisika layak digunakan sebagai sumber belajar fisika peserta didik. This study aims to develop learning media in the form of a precis with a scientific approach that can be used in teaching physics at the fluid material. Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia No. 22 2016 Section II of the characteristics of the learning curriculum of 2013 states demands that must be met teachers and learners in the learning process with a scientific approach. This research is motivated from discussions with teachers and learners, the initial data in the form of needs analysis questionnaire filled out by the student and classroom observations about the lack of media use learning, especially for fluid material. The study was conducted in SMA Negeri 30 Jakarta semester of academic year 2016/2017. The method used in this study is a research and development (R & D) using the model design Borg & Gall. Results of the study is a precis of physics with a scientific approach that has been validated with reference to the likert scale. The results of the feasibility study media test performed by the media with a mean score of 75,89% and subject matter experts with a mean score of 82,41%. Empirical tests have been conducted on high school physics teacher with a mean score of 78,06% and a field test by a student with a mean score of 82,78%. From the results of this study can be interpreted very well that the learning media is a precis of physics fit for use as a source of learning physics learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2) Dr. Betty Zelda Siahaan, MM
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item View Item