MODEL HIPOTETIK PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG KARIR BERBASIS KELAS SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RUMPUN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOTA TANGERANG

RIKA KARTIKAWATI, . (2017) MODEL HIPOTETIK PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG KARIR BERBASIS KELAS SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RUMPUN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOTA TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
THESIS_RIKA KARTIKAWATI_REVISI PASCA SIDANG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Thesis Rika.pdf

Download (0B)
[img] Text
Surat Pengesahan Thesis Rika.pdf

Download (0B)
[img] Text
LAMPIRAN2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
DRH RIKA.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan program bimbingan dan konseling bidang karir berbasis kelas sosial untuk siswa sekolah menengah kejuruan rumpun teknologi informasi dan komunikasi di kota Tangerang. Program ini dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas yang dirasakan oleh siswa dalam membuat pilihan pekerjaan meskipun memiliki hambatan, atau yang dikenal dengan kemauan kerja (work volition). Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat kemauan kerja siswa adalah “Work Volition Scale Student-Version”. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD), langkah penelitian dibatasi hingga langkah ke 8 yakni merancang dan melakukan evaluasi formatif dari pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa Program Bimbingan dan Konseling bidang karir berbasis kelas sosial untuk siswa sekolah menengah kejuruan negeri rumpun teknologi informasi dan komunikasi di kota Tangerang yang telah di uji ahli oleh pakar Bimbingan Konseling dengan skor 30 atau masuk dalam kategori baik. Kesimpuln penelitian ini adalah program bimbingan dan konseling karir sudah layak digunakan, ini dapat dilihat dari sebagian besar komponen yang terdapat dalam program mendapatkan kategori baik. Hal ini mengindikasi bahwa program bimbingan konseling karir memiliki komponenkomponen program yang sesuai dengan tujuan pembuatan program yang ingin dicapai. The research is aimed to develop and examine the feasibility of Hypothetical Model of Guidance And Counseling Carrier Area Program Based Social Class of Vocational High School Information and Technology At Tangerang. The program is developed to increase the capacity faced by the students in choosing an occupation despite constrains. The research instrument used to measure students' performance appraisal is work volition scale-student version. The research method uses Research and Development (RnD). The research step is limited up to eight steps, consists of planning and doing learning formative evaluation. The research result of guidance and counseling carrier area program based social class of vocational high school information and technology at Tangerang has examined by guidance and counseling experts with total score 30 or in the category of good. The research conclusion of guidance and counseling carrier area program is feasible to be used. It can be seen from the components mostly in the category of good. It indicates that guidance and counseling carrier area program has feasibility in component program which aimed in making the program to be reached.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons. 2). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:41
Last Modified: 20 Apr 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item