PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di Kelas IV Sekolah Dasar)

RISKA CHAIRUNISA, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di Kelas IV Sekolah Dasar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK KELAS IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar Bahasa Inggris berbasis direct method untuk kelas IV sekolah dasar. Fokus pengembangan pada bahan ajar ini adalah pada materi things in the house. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan instruksional Atwi Suparman. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV MI Al-Khairiyah Tambun Selatan sebanyak 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini melewati beberapa tahap uji coba, diantaranya uji ahli (expert review), evaluasi satu-satu (one-to-one evaluation), evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) dan terakhir uji coba lapangan (field test). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil analisis kualitatif menggunakan teknik wawancara untuk uji coba ahli diantaranya ahli desain instruksional, ahli bahasa dan ahli media menyatakan bahwa bahan ajar layak dan valid setelah melalui proses revisi. Hasil analisis kualitatif menngunakan teknik wawancara untuk evaluasi satu-satu (one-to-one evaluation) kepada tiga orang siswa menyatakan bahwa bahan ajar menarik dan mudah digunakan. Evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) menghasilkan persentase 95,13% dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan (field test) menghasilkan Hasil uji pada paired sample t-tes diperoleh peningkatan hasil tes formatif siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris setelah menggunakan Bahan Ajar Bahasa Inggris berbasis direct method, dari rata-rata nilai pre test 51,33 menjadi 91,33. Kemudian diketahui bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 diterima. Dapat disimpulkan bahwa pada uji paired sample t-tes terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes formatif pada data pre-test dan post-test maka bahan ajar efektif. Research and development aims to produce product in the form of English teaching materials based on direct method for 4th grader of primary school. The focus of development at teaching materials this is material things in the house theme. Methods used in this research is a method of research and development or research and development (R&D); with reference to the development using instructional model by Atwi Suparman.This research involving students class IV MI Al-Khairiyah South Tambun as many as 26 students. The data collection techniques conducted using interviews and questionnaires. Research this through some evaluation steps , such as expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation and the last step is field test. The data collection techniques using interviews and questionnaires .The results of the qualitative analysis uses the technique an interview to the expert instructional desaign , a linguist and media expert stated that teaching materials suitable and valid after through a process revision. The results of qualitative analysis using an interview technique to one-to-one evaluation for three students stated that teaching materials interesting and esay for using materials. Small group evaluation producing the percentage 95,13 % criteria very good . the field results of experiment to the paired sample t-tes obtained an increase in test results formative students on learning english after using of english teaching materials based on direct method , of average score pre test 51,33 to be 91,33. Later it was discovered that value sig ( 2-tailed ) as much as 0,000 & lt; 0.05 , so H0 accepted. Can be concluded that in test paired sample t-tes there are significant differences between test results formative on the pre-test and post-test so teaching materials effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd. 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:37
Last Modified: 20 Apr 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

View Item View Item