UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PERMAINAN DALAM AIR PADA SISWA KELAS B TK AN-NURSIYAH JAKARTA TIMUR

HILYATUL FIKRIYAH, . (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PERMAINAN DALAM AIR PADA SISWA KELAS B TK AN-NURSIYAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Awal.pdf

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan dalam air pada siswa kelas B TK An-Nursiyah Jakarta Timur. Subjek penelitian ini siswa kelas B TK AnNursiyah Jakarta Timur dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dilakukan saat pengumpulan data berlangsung dan saat pengumpulan data pada periode tertentu, kemudian data dihitung berdasarkan skor yang didapat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif pada siswa kelas B TK An-Nursiyah yang telah melakukan permainan dalam air. Besar peningkatan yang dihasilkan adalah dari kemampuan kognitif yang rendah yaitu 40% yang dihitung saat pra siklus menjadi 85% setelah dilakukan tindakan siklus II. This study aims to determine the improvement of cognitive abilities through games in water in grade B students TK An-Nursiyah East Jakarta. The subjects of this study are students of grade B TK An-Nursiyah East Jakarta with a total of 20 students consisting of 11 boys and 9 girls. This research is a classroom action research (PTK). Data collection in this study using qualitative methods that include interviews, observation, and documentation. While the analysis is done when the data collection takes place and when the data collection in a certain period, then the data is calculated based on the scores obtained students. The results showed that there is an increase in cognitive abilities in grade B students TK An-Nursiyah who have done the game in water. The resulting increase is from the low cognitive ability of 40% calculated during pre cycle to 85% after the second cycle action

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yufiarti, M. Psi 2) Winda Dewi Listyasari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:06
Last Modified: 20 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27272

Actions (login required)

View Item View Item