RONALINDA YUSFITA, . (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PERMAINAN MENGGUNAKAN BOLA KECIL PADA PENDIDIKAN JASMANI KELAS III SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 10 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (20kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (16kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN(4).pdf Download (453kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (62kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (233kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (27kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN 1.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan motivasi belajar pada pendidikan jasmani melalui permainan menggunakan bola kecil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 10 Jakarta Timur dimulai pada bulan Mei sampai bulan Juli 2017, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I motivasi belajar 38.71 %. Siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu 80,64%. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan menggunakan bola kecil pada siklus I persentase 85% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 95%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan menggunakan bola kecil dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan: permainan menggunakan bola kecil dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar di Kelas III SDN 10 Ciracas Jakarta Timur. This study was aimed to find data about improving study motivation in physical education through games using small ball. This research was conducted at third grade SDN 10 East Jakarta began in May to July 2017, using classroom action research method which consists of 2 cycles with 4 activities each: planning, action, observation, and reflection. The results showed the percentage of data acquisition of study motivation in the first cycle was 38,71%. Second cycle showed the significant increase was 80,64%. As for monitoring data of action learning with games using small ball in first cycle showed percentage 85% and in second cycle improved up to 95%. From the results, it can be stated that by games using small ball can increase study motivation in physical education learning. The conclusion is that learning physical education using: games with small ball can be used as a learning approach to improve study motivation in third grade SDN 10 Ciracas East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. 2). Drs. Adi Putra, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 12:04 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 12:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27280 |
Actions (login required)
View Item |