SUKARMAN, . (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 94 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, tabel ,gambar,lampiran.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, populasi adalah seluruh peserta peserta didik di SMA Negeri 94 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling. Teknik ini di ambil karena populasi tidak homogen dan bersifat berstrata secara proposional. Sampel diambil dua kelas yang berasal dari kelas X SMA peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Satu kelas sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan yang lain belajar meggunakan model inkuiri terbimbing. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa: (1) Hasil belajar fisika ranah kognitif dan afektif peserta didik dengan menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi lebih tinggi dari pada menggunakan inquri terbimbing; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif dan afektif; (3) Hasil belajar fisika ranah kognitif dan afektif peserta didik dengan motivasi berprestasi tinggi menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi lebih tinggi dari pada menggunakan inquri terbimbing; (4) Hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik dengan motivasi berprestasi rendah menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada menggunakan inkuri bebas dimodifikasi.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sunaryo, M.Si. ; 2). Dr. Betty Zelda Siahaan, MM. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 10:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 10:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2730 |
Actions (login required)
View Item |