KORELASI PENGUASAAN MATA KULIAH KOMPETENSI PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBUAT RPP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2014

AAN HASANAH, . (2017) KORELASI PENGUASAAN MATA KULIAH KOMPETENSI PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBUAT RPP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AAN HASANAH (5215134386).pdf

Download (2MB)

Abstract

Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2014 yang mengambil mata kuliah kompetesi pembelajaran sejumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebar kuesioner dan instrumen penelitian yang digunakan lembar soal tes untuk mengukur penguasaan mata kuliah kompetensi pembelajaran dan lembar penilaian RPP yang diambil dari Format Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) dari Pusat PPL / PKL UNJ untuk mengukur kemampuan membuat RPP. Uji coba instrumen tediri dari uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan kepada 30 orang mahasiswa. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji regresi. Hasil penelitian : terdapat hubungan positif antara penguasaan mata kuliah kompetensi pembelajaran dengan kemampuan membuat RPP mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika UNJ angkatan 2014 dengan koefisien korelasi Pxy = 0,659 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan koefisien determinasi (kontribusi variabel X terhadap Y) 43,4 % . Persamaan regresi untuk memprediksi nilai rata – rata Y yaitu Y= a0 + b0X = 59,26 + 0,06 X. The subjects of this research are 44 students of class 2014 Electronic Engineering Education which take the subject instruction competency. Data collection techniques is questionnaires and research instruments used is a test sheet to measure the mastery of subjects instruction competency and assessment sheet design instructional taken from the Central Teacher Skills Assessment Tool Format from the Center PPL / PKL State University of Jakarta to measure the ability to create the design instructional. The test of the instrument consists of validity and reliability test done to 30 students. The prerequisite analysis test consists of normality test and for hypothesis testing using product moment correlation, coeficien determination, and regretion. Result of research: there is a positive correlation between the mastery of subject instruction competency with the ability to create design instructional students of class 2014 Electronic Engineering Education Study Program State University of Jakarta with correlation coefficient ρxy = 0,659 which means have strong relation and coeficien determination (contribution X to Y) 43,4 % with regretion to know mean Y is Y= a0 + b0X = 59,26 + 0,06 X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd 2) Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:51
Last Modified: 21 Apr 2022 03:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item