PENGEMBANGAN KIT ALAT-ALAT OPTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM 2013

DEBRI YUDANTI, . (2015) PENGEMBANGAN KIT ALAT-ALAT OPTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM 2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_DEBRI YUDANTI_3215110312.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pendukung kurikulum 2013 untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Fisika FMIPA UNJ dan uji coba terbatas dilakukan terhadap siswa SMAI Al- Azhar Kelapa Gading pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) validasi ahli, (7) perbaikan/revisi. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Media pembelajaran diujicobakan kepada ahli media pembelajaran, ahli materi fisika, guru fisika SMA dan siswa SMA. Diperoleh hasil uji media terhadap ahli media sebesar 85,07%, ahli materi sebesar 92,71%, pendidik (guru) fisika SMA sebesar 82,78%, dan siswa SMA adalah 86,53%, dari keempat hasil uji media tersebut masing-masing diinterpretasikan sangat baik. Jadi, dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran alat-alat optik. This research aims to develop instructional media to support curriculum 2013 for high school students class X. This research was conducted at the Department of Physics, FMIPA UNJ and limited testing conducted on students of SMAI Al- Azhar Kelapa Gading in the second semester of the school year 2014/2015. The method used in this research is a method of research and development, with the stages: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) expert validation, (7) revision. The respondents of this research is the expert review and field test respondents. Instructional media will be tested by instructional media expert, expert materials physics, physics teacher in high school and high school students. The test results show the media to media experts is 85,07%, material experts is 92,71%, physics teacher in high school is 82,78% and high school students is 86,53%, from the fourth test results of the media respectively interpreted very well. So, from the research that has been done can be concluded that the instructional media developed has been suitable as instructional media of optical instruments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:52
Last Modified: 26 Apr 2022 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27511

Actions (login required)

View Item View Item