PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELURAHAN MENTENG ATAS JAKARTA SELATAN

TIARA NURHADIYANTI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELURAHAN MENTENG ATAS JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA'.pdf

Download (277kB)
[img] Text
10. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
8. LEMBAR DAFTAR TABEL.pdf

Download (276kB)
[img] Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
9. LEMBAR DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
12. BAB II .pdf

Download (0B)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (118kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
17. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 05 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 48 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung(2,275) > ttabel(1,680) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran POE terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi untuk dapat mengembangkan sikap ilmiah siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. This experiment was intended to find the effect of POE (Predict, Observe, Explain) learning models on the scientific attitude of grade 5th students’ primary school in learning science. The sampel of this research was 48 students at the Menteng Atas 05 Pagi South of Jakarta Public Primary School. The technique of getting the sample was cluster random sampling. The method used is an experiment method by posttest-only control group design. Data were collected throught observation and analyzed using t-test at significance level α = 0,05 by t-testresults 2,275 > ttabel 1,680 so H0 is rejected and H1 is accepted, it is concluded that there is a significant influence on the application of POE learning models for the scientific attitude of grade 5th students’ primary school in learning science. These results indicate that the use of POE learning models can be used as part of efforts to develop a scientific attituted in science teaching grade 5th students. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each student so that they can design the atmosphere and the variety of learning styles to develop a scientific attitude in science teaching grade 5th students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:35
Last Modified: 22 Apr 2022 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item