Hubungan antara Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Arab pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta

A.Alfan Sabila Haq, . (2016) Hubungan antara Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Arab pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi A.Alfan Sabila Haq.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dan hasil belajar bahasa Arab mahasiswa, penelitian ini dilakukan di Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan teknik korelasional. Populasinya adalah semua mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta, dengan sampelnya dalah mahasiswa program studi Penyiaran Islam Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015 yang berjumlah 35 mahasiswa.. Teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling atau acak kelompok. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesiapan belajar adalah angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab yaitu dengan menggunakan hasil nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah bahasa Arab yang diberikan oleh dosen pengajar. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik korelasi dan regresi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan beberapa Uji seperti Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Linearitas, Uji Regresi dan Korelasi. Berdasarkan penghitungan Uji Normalitas data X menggunakan Uji Lilliefors, didapat bahwa Lo = 0,171 < L tabel = 0,174 dan Uji Normalitas data Y didapat bahwa Lo = 0,167 < L tabel = 0,174, maka data variabel X dan Y berdistribusi Normal. Nilai Uji Homogenitas sebesar χ2 hitung = -85,46 < χ2 tabel = 27,59, maka data mempunyai Varians yang Homogen. F hitung = 9,52 > Ftabel = 7,47, maka Regresi sangat Signifikan. F hitung 1,976 < F tabel 2,31, maka Regresi berbentuk Linear. Setelah melakukan beberapa uji tersebut, maka didapat nilai korelasi sebesar 0,473. Kemudian t hitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 3,08 lebih besar dari t tabel yaitu 1,69, dengan demikian maka hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar bahasa Arab siswa Signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Jan 2020 16:16
Last Modified: 13 Jan 2020 16:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item