HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KETRAMPILAN MENULIS INSYA PADA MAHASISWA BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AISYAH, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KETRAMPILAN MENULIS INSYA PADA MAHASISWA BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AISYAH 2715115625.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan April – Juni 2015 dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan ketrampilan menulis insya berbahasa Arab pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i semester enam Jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang berjumlah 45 orang dan sampelnya berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan simple random sampling atau sampel acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi dan korelasional. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan beberapa tahap pengujian, antara lain uji normalitas variabel x sebesar 0,185 dan variabel y sebesar 0,101 ,uji homogenitas sebesar 3,58 ,uji signifikansi sebesar 16,532 dan uji linearitas sebesar 1,847. Setelah melakukan beberapa uji tersebut, maka didapat nilai korelasi sebesar 0,609 kemudian t hitung yang didapat dengan menggunakan uji t sebesar 4,06 sedangkan t tabel (a = 0,05) yaitu 2,04. Artinya lebih besar dari Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara pembiasaan membaca dengan ketrampilan menulis insya berbahasa Arab pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Sedangkan koefisien determinasi ( KD ) yang didapat sebesar 0,3708 atau 37,08% . Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pembiasaan membaca dengan ketrampilan menulis insya berbahasa Arab mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka setiap mahasiswa/i harus terbiasa membaca buku, karena semakin terbiasa membaca buku, maka semakin tinggi pula kemampuan menulis insya berbahasa Arabnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. 2). Muhammad Kamal, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:36
Last Modified: 27 Apr 2022 05:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27573

Actions (login required)

View Item View Item