MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)

Nurfathya Ramadhani, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2-10. ABSTRAK, LEMBAR MOTTO, DAN PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4.LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VB SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe team assisted individualization kelas VB SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner keterampilan sosial siswa dengan presentase 71,42%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VB SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat keterampilan sosial siswanya sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPS guna meningkatkan Keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jan 2020 10:08
Last Modified: 14 Jan 2020 10:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item