PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA, BEKASI UTARA

VIVI VINA EMILIANI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA, BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (311kB)
[img] Text
4. surat keaslian skripsi.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (637kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (289kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (644kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
11.BAB V.pdf

Download (0B)
[img] Text
12. LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (212kB)
[img] Text
15. SURAT KETERANGAN SEKOLAH.pdf

Download (565kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPA di Kelurahan Perwira, Bekasi, pokok bahasan mengenai gaya, semester II tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SDN Perwira II. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak dengan cara pengundian. Sehingga terpilihlah SDN Perwira II dengan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas control dengan ukuran sampel sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) dapat member pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPA tentang gaya. Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada program pembelajaran IPA. The purpose of this study was to determine the empirical data on whether there is any effect of the use of learning models predict, observe your, explain (POE) to the critical thinking skills students fifth grade elementary school in science learning in Sub Officer, Bekasi, the subject of the force, the second semester of the school year 2016/2017. The research was conducted at SDN Perwira II. The samples were chosen by using Simple Random Sampling technique which is sample selection by selecting one or several groups randomly by drawing. SDN thus elected officer class II with VB as an experimental class and class VA as a control class with a sample size of 35 people. The data collection is done by using a test instrument that was tested for normality test and homogeneity Liliefors with Fisher's exact test as the test data requirements. Furthermore, hypothesis analysis using t-test. The results showed that students who learn to use learning models predict, observe your, explain (POE) can be members of an influence on critical thinking skills in the elementary fifth grade students about the science learning styles. Predictive learning model, observe, explain (POE) is one alternative that can be used in the learning process in science learning program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR Supriatna, M.Pd. 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 00:43
Last Modified: 23 Apr 2022 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item