MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI (PTK Pada Siswa Kesulitan Belajar Membaca Kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Kota Tangerang)

WIDYADARA, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI (PTK Pada Siswa Kesulitan Belajar Membaca Kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. MOTO dan PERSEMBAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN (PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN SIDANG SKRIPSI).pdf

Download (582kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (562kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran 1 2 3.pdf

Download (36kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran 14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode Montessori pada siswa kesulitan belajar membaca kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang.. Selain itu penelitian ini juga bertujuan memperoleh data yang obyektif dalam rangka mengetahui manfaat penerapan metode Montessori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kesulitan belajar membaca. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kesulitan belajar membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca dengan bentuk daftar cek (check list) dengan jawaban dapat dan tidak dapat. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dideskripsikan untuk kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Penelitian dilakukan di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan membaca permulaan siswa mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode montessori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang. This study aims to improve the reading skills through the application of Montessori method beginning on students' difficulties in learning to read grade IV Special Schools Pelangi Anakku Tangerang. In addition, this study also aims to obtain objective data in order to understand the benefits of the application of the Montessori method in enhancing the ability to read the beginning of the students' difficulties learning to read. This research is a classroom action research (PTK). The subjects were subjected to in this study were 3 students' difficulties learning to read. The instrument used in this study is a reading test with a check list form (check list) with an answer can and can not. Analysis of the data used is descriptive analysis. The data obtained and analyzed and described and presented in tabular form. Research conducted at the Special Schools Pelangi Anakku Tangerang. The results showed that the development of students' ability to read the beginning of significant progress. It can be concluded that the application of the Montessori method can improve the ability to read the beginning of the fourth grade students in Special Schools Pelangi Anakku Tangerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. 2). Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:21
Last Modified: 23 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27631

Actions (login required)

View Item View Item