PENGARUH COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSONAL HYGIENE

ZAHRINA HATIF QISTHINA, . (2017) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSONAL HYGIENE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi pdf zahrina.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CL tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Personal Hygiene Pada Siswa Kelas X Jasa Boga SMKN 33 Jakarta Utara berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 33 Jakarta Utara. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga yang berjumlah 32 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan porposif sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 32 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variable digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk Model TGT (Variabel X) dan hasil belajar personal hygiene (Variabel Y). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = -8,83 + 0,99 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung<Ltabel (0,0616< 0,0886). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (2,14) <Ftabel (2,44) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (9,26) >Ftabel (4,17) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy0,4856. Hal ini dapat diartikan terdapat pengaruh positif antara model TGT dengan hasil belajar personal hygiene siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 33 Jakarta Utara. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 3,043 >ttabel = 2,042 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu Model TGT dengan variabel Y yaitu Hasil Belajar personal hygiene. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 23,58% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y motivasi berprestasi ditentukan oleh variabel X Model Teams Games Tournament sebesar 23,58%. This study aims to determine The Influence of Cooperative Learning Model Teams Games Tournament type to Learning results on Personal hygiene Subject in 33 Jakarta Utara Senior High School based on the facts which are valid and reliable . The research was conducted at 33 North Jakarta Senior High School. The method used is a survey method. Affordable population in this study were students of class X on personal hygiene subject totaling 32 student. Sampling technic using porposive sampling to obtain a sample of 32 students. To gather data from the two variables used Likert scale research instrument shaped for Teams Games Tournament type (Variable X) and result of learning personal hygiene (Variable Y). The regression equation in this study is Ŷ = -8,83 + 0,99 X. From the equation derived test requirements Liliefors Lhitung<Ltabel (0,0616< 0,0886). That means the normal distribution of data. In the obtained regression linearity test of Fhitung (2,14) <Ftabel (2,44) can be inferred that the regression model linear. As for the significance test of Fhitung (9,26) >Ftabel (4,17) which indicates regression equation means. The test results by using a correlation coefficient of Pearson product moment rxy0,4856 values obtained. This means there is a positive relationship between learning outcomes Teams Games Tournament type with personal hygiene class X at 33 Jakarta Utara Senior High School. From t-test calculations obtained thitung = 3,043 >ttabel = 2,042 which shows a significant relationship between variable X namely Teams Games Tournament type with a variable Y is personal hygiene Learning Outcomes. From the calculation coefficient of determination 23.58% so that it can be said that the Y variable is determined by x variabel achievement motivation Teams Games Tournament type is 23.58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Annis Kandriasari,M.Pd 2) Dr. Rina Febriana, M.Pd
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Apr 2022 02:51
Last Modified: 24 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item