Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Garis Bilangan Kosong Berdasarkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 13 Bekasi

DWI KURNIA SARI, . (2015) Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Garis Bilangan Kosong Berdasarkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 13 Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DWI KURNIA SARI 3115110425.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu pokok bahasan yang diterima oleh siswa kelas VII SMP. Pokok bahasan tersebut seharusnya sudah dapat dipahami dengan baik karena sudah pernah dipelajari di sekolah dasar. Namun hasil wawancara dengan guru dan siswa juga data awal penelitian mengungkapkan bahwa siswa masih belum bisa memahami dengan baik pokok bahasan tersebut. Guru biasanya menggunakan konteks untuk mengenalkan bilangan bulat namun penggunaan konteks tersebut tidak dilanjutkan saat pembelajaran berlanjut dengan pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan. Menjawab permasalahan tersebut, pada penelitian ini disusun aktivitas instruksional lokal pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan kosong berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) agar siswa dapat memahami dengan baik pokok bahasan tersebut. Pendekatan PMRI dipilih agar siswa dapat lebih terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan garis bilangan kosong dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan strategi mental aritmatika dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian dilakukan dengan metode Design Research. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, aktivitas membuat garis bilangan berdasarkan konteks ketinggian gunung dan kedalaman laut, menuliskan operasi bilangan yang sesuai dengan ilustrasi pendaki dan penyelam lalu menggambarkannya pada garis bilangan, dan menyelesaikan soalsoal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang memiliki pola tertentu menjadikan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi efektif dan melatih siswa untuk mengembangkan strategi mental aritmatika. Penggunaan konteks yang sesuai pada setiap pertemuannya, proses matematisasi yang terjadi, penggunaan model, peran aktif siswa, serta peran guru di kelas yang sesuai karakteristik PMRI dapat membimbing siswa dalam mengembangkan strategi mental aritmatika siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti S, M.Si. ; 2). Puspita Sari, S.Pd,M.Sc.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 02:30
Last Modified: 09 May 2022 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item