AGUNG PERMANA, . (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR HURUF HIRAGANA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS XI AKUNTANSI SMK BINA PANGUDI LUHUR JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI DLL .pdf Download (1MB) |
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (253kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (629kB) |
Abstract
Salah satu kesulitan yang dihadapi orang asing ketika belajar bahasa Jepang diantaranya karena adanya perbedaan antara bahasa ibu mereka dengan bahasa Jepang dan aspek yang paling mencolok dalam bahasa Jepang dengan bahasa ibu mereka adalah pada ucapan dan huruf pada bahasa Jepang. Maka, aspek pembelajaran huruf merupakan hal yang perlu dilatih dan dipelajari, meskipun termasuk aspek yang sulit dalam mempelajari bahasa Jepang. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk menunjang pembelajaran huruf dalam bahasa Jepang. Salah satunya dengan model Cooperative Learning teknik Make a Match yang dirasa cocok untuk pembelajaran huruf dalam bahasa Jepang. Karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan untuk meningkatkan keterampilan, dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Sehingga dapat melatih siswa untuk mudah memahami atau mengingat pembelajaran dan akan berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Cooperative Learning teknik make a match terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran huruf hiragana, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan Cooperative Learning teknik make a match terhadap pembelajaran huruf hiragana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Dengan sampelnya adalah siswa kelas XI Akuntansi I yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa pilihan ganda dan tes tertulis berupa angket. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik Make a Match dalam pembelajaran huruf hiragana di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 28,55 nilai ratarata posttest sebesar 80,27, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 51,72. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 58 maka didapatkan ttabel sebesar2.00. Dengan hasil thitung 18,08 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa Cooperative Learning teknik Make a Match efektif dalam peningkatan hasil belajar pada pembelajaran huruf hiragana bahasa Jepang. One of the difficulties foreigners encounter when learning Japanese is because of the difference between their native language and Japanese and the most striking aspect of Japanese with their native language is in Japanese words and letters. Thus, the aspect of learning letters is something that needs to be trained and studied, although it includes a difficult aspect in learning Japanese. So we need a learning model to support learning the letters in Japanese. One of them with the model Cooperative Learning Make a Match technique that is considered suitable for learning letters in Japanese. Because this learning model has the advantage to improve skills, and make students more active. So it can train students to easily understand or remember learning and will have an impact on student learning outcomes in learning Japanese language. The purpose of this research is to know the effectiveness of Cooperative Learning using make a match technique to improve learning result in learning hiragana letters, to know the student's response to the use of Cooperative Learning make a match technique to learning hiragana letters. The research method used is One-Group Pretest-Postest Design. The population in this study is SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta.Dengan sample is a student class XI Accounting I, amounting to 29 people. The research instrument used is written test in the form of multiple choice and written test in the form of questionnaire. Based on the analysis of research data, it can be concluded that by using the model of Cooperative Learning Make a Match technique in learning hiragana letters in SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta there is a difference of pretest average value of 28.55 posttest average value of 80.27, so there are different values Average of 51.72. Result of research based on 5% significance level on degree of freedom (db) = 58 hence got ttable equal to 2.00. With tcount of 18.08 means tcount is bigger than ttable (thitung> ttable) so HK is accepted and HO is rejected. So it can be concluded that the Cooperative Learning Make a Match technique is effective in improving learning outcomes in learning Japanese hiragana letters.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Nia Setiawati, M. Pd. 2) Cut Erra Rismorlita, M.Si. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 02:59 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27763 |
Actions (login required)
View Item |