UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN CIJANTUNG 07 PAGI JAKARTA TIMUR

AGNESTYA WIDYARATI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN CIJANTUNG 07 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data berupa hasil peningkatan sikap toleransi siswa yang menjadi patokan keberhasilan tindakan yang diberikan kepada siswa dalam meningkatkan sikap toleransi melalui penggunaan metode bermain peran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Cijantung 07 Pagi, Jakarta Timur tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data antara lain adalah hasil evaluasi sikap toleransi siswa, lembar observasi, dan dokumentasi selama tindakan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan setiap siklus. Berdasarkan evaluasi pada siklus I diperoleh persentase hasil sikap toleransi mencapai 43,58% dengan 22 siswa belum mencapai target minimal atau sama dengan 100. Pada siklus II diperoleh presentase keberhasilan siswa meningkat menjadi 92,30% dengan hanya 3 siswa yang belum mencapai target. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan sikap toleransi siswa kelas IV di SDN Cijantung 07 Pagi. Jakarta Timur. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas IV SD. *********** This research aims to obtain data regarding students tolerance attitude results which is standardized the success of action given to students in improving by role playing. The subjects of this research is 39 fourth-grade students in SDN Cijantung 07 Pagi, West Jakarta enrolling in school year of 2014-2015. This research uses class action research adapted from Kemmis and Mc. Taggart model. Collecting data techniques are evaluated students tolerance attitude results, observation sheets, and documentary during research. This research is conducted for 2 cycles with each cycles includes 2 times teacher-students encounter. Based on cycle I evaluation, outcome of the action reaches up to 43.58% of students tolerance attitude with 22 students get under or same as 100, the standard score. On cycle II the result percentage rises up to 92.30% with merely 3 students gets under the standard score. Based on achieved results, it is concluded that utilization of role playing is capable to improve students tolerance result of fourth-grade students at SDN Cijantung 07 Pagi, East Jakarta. The implication of this research is using role playing can be a way to improve tolerance attitude to fourth-grade students in any primary school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ir. Arita Marini, M.E. ; 2). Drs. Arifin Maksum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 01:05
Last Modified: 11 May 2022 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27815

Actions (login required)

View Item View Item