MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SD

AGUNG JAYADI, . (2015) MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
1_cover.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar manipulatif melempar melalui permainan tradisional dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Danau Indah 01 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dimulai pada bulan Mei sampai bulan Juli 2015, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I gerak dasar manipulatif melempar 65.71%. Siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu 88.57%. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan tradisional pada siklus I persentase 75% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 100%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan lempar bola kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan: permainan tradisional dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan lempar bola kecil di Kelas III SDN Danau Indah 01 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. *********** This study aimed to obtain data about upgrading basic manipulative throwing motion through traditional games in teaching Physical Education. This research was conducted in the third grade SDN 01 Beautiful Lake West Cikarang Bekasi District began in May to July 2015, using action research methods class (classroom action research), which consists of 2 cycles with 4 activities: planning, action, observation and reflection. The results showed the percentage of data acquisition in the first cycle manipulative basic motion throwing 65.71%. Cycle II showed a significant increase is 88.57%. The data for monitoring the action learning with traditional games in the first cycle and the percentage of 75% in the second cycle to achieve improved up to 100%. From the results, it can be stated that by using a traditional game can improve the ability of throwing a small ball in physical education teaching. The conclusion is that learning physical education by using: a traditional game can be used as a learning approach to enhance the ability of throwing a small ball in Class III SDN Lake Beautiful 01 West Cikarang Bekasi Regency

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. ; 2). Drs. Satrio, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 01:26
Last Modified: 11 May 2022 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item