PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “CERITA BERANTAI” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI, CENGKARENG, JAKARTA BARAT

AGUSTIA NURSITI UTOMO, . (2015) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “CERITA BERANTAI” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI, CENGKARENG, JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. NEW COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. VERY NEW BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB IV-BUKU PEDOMAN-NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. VERY VERY NEW BAB III- 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
2. VERY NEW BAB I.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan metode permainan bahasa Cerita Berantai siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng Jakarta Barat sebanyak 44 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan dengan melakukan pengamatan langsung dan penelitian kepustakaan dokumen sekolah, dan kisi-kisi intrumen serta lembar aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis data dengan melihat hasil proses belajar mengajar dari siklus satu ke siklus lainnya terjadi peningkatan keterampilan berbicara melalui metode permainan bahasa Cerita Berantai yang dilakukan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus satu hasil tes berbicara pada siswa hanya mencapai 59,09% dan pada siklus II hasilnya 88,63%. Dengan demikian terjadi peningkatan 11,28% dengan menggunakan metode permainan Cerita Berantai. Adapun aktivitas guru dan siswa pada siklus I mencapai 78,67% dan siklus II pun mencapai 92,33%. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa 13,66%. Hasil pembelajaran ini menunujukkan bahwa penggunaan metode permainan Cerita Berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng Jakarta Barat. ********** This classroom action research aims is to improve students chain story to speech skills through the use of language games Chain Stories fourth grade students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi,Cengkareng, West Jakarta as many as 44 people. Data collection techniques in this research through field research by direct observation and school documents, and grating instruments as well as teacher and student activity sheets. Based on the analysis of the data by looking at the process of learning from one cycle to another cycle of increased skills of speaking through the method of language games Chain Stories carried from the first cycle to the second cycle. In the cycle of the test results speak to students only reached 59,09% and in the second cycle the result is 88,63%. Thus an increase in 11,28% using the Chain Story game. As for the activities of teachers and students in the first cycle reached 78,67% and the second cycle was reached 92,33%. Degan thus an increase in the activities of teachers and students 13,66%. Results of this study indicate that the use of the method can improve the game story Berantai speaking skills Kedaung fourth grade students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir S, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 01:30
Last Modified: 11 May 2022 01:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item