PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS BAHASA INGGRIS SEBAGAI CERMINAN PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM ISTILAH SISTEM KLASIFIKASI BLOOM YANG TELAH DIREVISI

TANTY RESIANTY, . (2017) PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS BAHASA INGGRIS SEBAGAI CERMINAN PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM ISTILAH SISTEM KLASIFIKASI BLOOM YANG TELAH DIREVISI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
APPENDICES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Biografi Penulis.pdf

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGMENTS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf

Download (558kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (277kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LIST OF APPENDICES.pdf

Download (83kB)
[img] Text
COVER OF SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (231kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LIST OF TABLES.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LIST OF CHARTS.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru. Fokus penelitian ini adalah pada proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran yang dinyatakan guru pada klausa kegiatan inti di RPP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Linguistik Fungsional Sistemik, maka makna metafungsi eksperiensial pada proses pembelajaran yang dirancang guru dianalisis menggunakan sistem transitivitas. Data terdiri dari 231 klausa yang diambil dari kegiatan inti dari 9 RPP yang dibuat oleh 6 guru dari 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta; 78 klausa dari 3 RPP teks transaksional, 57 klausa dari 3 RPP teks khusus dan 96 klausa dari 3 RPP teks fungsional. Penelitian ini menemukan bahwa dimensi pengetahuan yang diakukan siswa hanya pada pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual pada proses kognitif mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis dan mengevaluasi. Dominasi proses kognitif yang ditemukan dalam proses pembelajaran yang dirancang guru pada RPP masih pada tingkat kemampuan berfikir yang rendah. Ketiadaan satu proses kognitif dan beberapa dimensi pengetahuan dapat megantarkan pada kekurangan kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mencapai tujuan belajar Bahasa Inggris. Maka, pembelajaran bermakna belum diterapkan karena pembelajaran bermakna terjadi ketika siswa menggunakan ilmu dan proses kognitif yang dibutuhkan untuk keberhasilan memecahkan masalah. Temuan juga menunjukkan bahwa praktek untuk kemampuan atau kesanggupan penggunaan bahasa mendominasi aktifitas belajar daripada bahasa sebagai pengetahuan. The purpose of this research was to analyze the learning-teaching processes in the teachers’ lesson plans. This research focused on the cognitive processes and knowledge dimensions of the learning-teaching processes stated by the teachers in the clauses of the main activities in the lesson plans. The approach of Systemic Functional Linguistics (SFL) was used in this research, thus the meaning of experiential metafunction in learning-teaching processes planned by the teachers was analyzed by using transitivity system. The data consisted of 231 clauses taken from the main activities of 9 lesson plans made by 6 teachers from 3 Senior High Schools (SHS) in Jakarta; 78 clauses from 3 transactional text lesson plans, 57 clauses from 3 specific functional text lesson plans and 96 clauses from 3 functional text lesson plans. The result found that the knowledge students do were only factual knowledge and conceptual knowledge in the cognitive processes of remember, understand, apply, analyze, and evaluate. The domination of the cognitive processes found in the learning-teaching processes arranged by the teachers in their lesson plans was in the stage of low-order thinking skills. The absence of a cognitive process and some knowledge dimensions might lead to lack of competence students have to master for achieving the goal of learning English. Thus, the meaningful learning has not been implemented because it happens when students build the knowledge and cognitive processes needed for successful problem solving. The findings also showed that the practice for the ability or capability in using the language was dominating the activities rather than language as knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Siti Wachidah, Ph.D.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:32
Last Modified: 25 Apr 2022 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27875

Actions (login required)

View Item View Item