MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PROSA ANAK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF BENTUK GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN KEBON KOSONG 16 PAGI JAKARTA PUSAT

Nurul Istianah, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PROSA ANAK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF BENTUK GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN KEBON KOSONG 16 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lembar Pesetujuan pengesahan pembimbing panitia ujian sidang.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skirpsi.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah pendekatan kooperatif bentuk group investigation pada peserta didik kelas IV di SDN Kebon Kosong 16 Pagi Jakarta Pusat dapat diterapkan dan dapat meningkatkan keterampilan membaca indah prosa anak. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kebon Kosong 16 Pagi Jakarta Pusat sebanyak 26 peserta didik yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik prempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa tes, pengamatan, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan penelitian tindakan kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan endekatan kooperatif bentuk group investigation dapat meningkatkan keterampilan membaca indah prosa anak. Pada siklus I sebanyak 9 peserta didik memperoleh nilai ≥75 dengan ketuntasan belajar 34,6%. Pada siklus II sejumlah 21 peserta didik memperoleh nilai ≥75 dengan ketuntasan belajar 80,7%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencaai 55% sementara aktivitas peserta didik 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang baik, aktivitas guru mencapai 95% dan aktivitas peserta didik mencaai 90%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca indah prosa anak dapat meningkat melalui penerapan pendekatan kooperatif bentuk group investigation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Juhana Sakmal MPd 2) Syarifah Hanum MPd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:05
Last Modified: 14 Jan 2020 15:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item