KESALAHAN SISWA DALAM PENGGUNAAN DHOMIR MUNFASIL DAN MUTTASIL PADA KEMAHIRAN MENULIS DI MTS AL-MUDDATSIRIYAH JAKARTA PUSAT

SYIFA URROCHMAH, . (2017) KESALAHAN SISWA DALAM PENGGUNAAN DHOMIR MUNFASIL DAN MUTTASIL PADA KEMAHIRAN MENULIS DI MTS AL-MUDDATSIRIYAH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Syifa Urrochmah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara fakta mengenai bentuk kesalahan penggunaan dhomir munfasil dan muttasil serta presentase kesalahan dan termasuk jenis kesalahan yang digunakan siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Muddatsiriyah pada kelas VII B yang dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Data yang diteliti adalah soal pilihan ganda yang mengenai penggunaan dhomir munfasil dan muttasil dengan jumlah 30 soal dengan 28 sampel siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dengan prosedur penelitian: 1) mengumpulkan data, 2) mengidentifikasi kesalahan, 3) mengklasifikasi kesalahan, 4) mendeksripsikan kesalahan, 5) menginterpretasikan kesalahan. Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut dari 840 jawaban terdapat 395 kesalahan pada siswa yang terdiri dari : 1. Kesalahan dalam penggunaan dhomir munfasil rofa’ na’u mina lisim sebanyak 48 kesalahan. 2. Kesalahan dalam penggunaan dhomir munfasil rofa’ na’u mina fi’il sebanyak 22 kesalahan 3. Kesalahan dalam penggunaan dhomir munfasil nasb sebanyak 49 kesalahan. 4. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil rofa bilfi’il madhi sebanyak 49 kesalahan. 5. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil rofa’ bilfi’il mudhore sebanyak 62 kesalahan. 6. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil rofa’ bil fi’il amr sebanyak 33 kesalahan. 7. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil nasb sebanyak 40 kesalahan. 8. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil jar bil isim sebanyak 55 kesalahan. 9. Kesalahan dalam penggunaan dhomir muttasil jar bil harfin jar sebanyak 37 kesalahan. Dari kesalahan tersebut yang telah disebutkan kesalahan terbesar terjadi pada kesalahan dhomir muttasil rofa’ bilfi’il mudhore sebanyak 62 kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa secara umum belum memahami penggunaan dhomir munfasil dan muttasil dengan baik, hal ini dapat dilihat dari jumlah kesalahan yang sangat besar dari hasil penelitian yang telah dilakukan. The aim of this study is to factually get data about the form of mistakes in the use of dhomir munfasil and muttasil as well as percentage of the mistakes including the types of mistake done by the students. This study was conducted in MTs AlMuddatsiriyah in class VII B in May 2017. The data studied is multiple choice questions about the use of dhomir munfasil and muttasil with the amount of 30 questions with the sample 28 randomly chosen. The method of this study is descriptive with the procedures: 1) collecting data, 2) identifying the mistakes, 3) classifying the mistakes, 4) describing the mistakes, 5) interpreting the mistakes. Based on the result, out of 840 answers there are 395 mistakes including: 1. Mistakes in the use of dhomir munfasil rofa’ na’u mina lisim with the amount 48. 2. Mistakes in the use of dhomir munfasil rofa’ na’u mina fi’il with the amount 22. 3. Mistakes in the use of dhomir munfasil nasb with the amount 49. 4. Mistakes in the use of dhomir muttasil rofa bilfi’il madhi with the amount 49. 5. Mistakes in the use of dhomir muttasil rofa’ bilfi’il mudhore with the amount 62. 6. Mistakes in the use of dhomir muttasil rofa’ bil fi’il amr with the amount 33. 7. Mistakes in the use of dhomir muttasil nasb with the amount 40. 8. Mistakes in the use of dhomir muttasil jar bil isim wih the amount 55. 9. Mistakes in the use of dhomir muttasil jar bil harfin jar with the amount 37. From all the mistakes mentioned above, the largest mistake is in the use of dhomir muttasil rofa’ bilfi’il mudhore with the amount of 62 mistakes. The result of this study shows that generally students have not comprehended the use of dhomir munfasil and muttasil, this can be seen in the amount of mistakes gotten as the result of the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shafruddin Tadjuddin, M.A. 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:43
Last Modified: 25 Apr 2022 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27889

Actions (login required)

View Item View Item