AGUSTINUS MATWEAR, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
abstrak.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
Riwayat Hidup TNS.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (118kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV di SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian digunakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar aspek kognitif menunjukkan persentase nilai sebesar 60,87% sehingga belum dinyatakan berhasil karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah persentase siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 harus mencapai 80%. Pada siklus II mengalami peningkatan persentase menjadi 91,30%, sehingga dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai bahkan melampaui KKM. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD tentang masalah sosial dengan Metode Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray, siswa terlibat aktif, bersemangat, meningkatkan percaya diri siswa dan membangun pengetahuannya sendiri maupun kelompok. dengan kemampuan-kemampuan tersebut, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. This classroom action research aims to improve learning outcomes social studies. The purpose of this study was to obtain empirical data on the results of social studies through learning methods Cooperative Learning type Two Stay Two Stray on fourth grade students at SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi South Jakarta. This Research used to use the model cycle of Kemmis and Mc.Taggart. This research is done through the stages of planning, implementation, observation, reflection/re-evaluation as the basis for planning the next cycle. In the first cycle, the cognitive aspects of learning results show the percentage value of 60.87% that has not been declared a success as an indicator of success in this study was the percentage of students who achieve the minimum completeness criteria (KKM) at 65 should reach 80%. In the second cycle increased the percentage becomes 91.30%, so it can be said to be successful because it has reached even beyond the KKM. The implication of this research is that learning Cooperative Learning Two Stay Two Stray type can be one of learning methods to improve learning outcomes social studies fourth grade social studies students about issues sosial.dengan Cooperative Learning method type Two Stay Two Stray, students are engaged, excited, increasing confidence of students and build his own knowledge or groups. with these skills, students can solve problems in every day life.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ir. Arita Marini, M.E ; 2). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2022 03:34 |
Last Modified: | 11 May 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27904 |
Actions (login required)
View Item |