PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA

ANIS DANAYAH, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI lengkap.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Active Learning dengan teknik pembelajaran Card Sort berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta pada bulan Agustus – Oktober 2016. Metode penelitian digunakan adalah metode penelitian Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X, yaitu kelas X.IIS.1 dengan jumlah siswa 30 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X.IIS.2 dengan jumlah siswa 30 (sebagai kelas kontrol). Pengukuran hasil belajar siswa dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes bahasa arab dengan tes objektif yang berjumlah 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh Lhitung = 0.031 dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0.056. sedangkan Ltabel pada kelas eksperimen diperoleh 0.162 (n = 30, taraf signifikan 0,05) dan pada kelas kontrol diperoleh 0.162 (n = 30, taraf signifikan 0,05) karena kedua Lhitung< Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi NORMAL. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa 2hitung<2tabel atau 2.16<3.84 artinya kedua data tersebut HOMOGEN. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 4.46 dengan dk 60 dan ttabel = 1.671, jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh positif penggunaan metode Active Learning dengan teknik pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar bahasa arab siswa SMA Muhammadiya 12 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran aktif dengan teknik pembelajaran Card Sort berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa arab siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. The purpose of this research is to know whether Active Learning method with Card Sort learning technique have an effect on student learning result of Arabic. The study was conducted in SMA Muhammadiyah 12 Jakarta in August - October 2016. The research method used is experimental research method. The population of this study is Muhammadiyah 12 Jakarta high school students. While the sample is a class X student, the class X.IIS.1 with the number of students 30 (as experimental class) and class X.IIS.2 with the number of students 30 (as control class). Measurement of student learning outcomes is done at the end of research activities by providing Arabic test with objective test amounting to 25 questions. Data analysis technique used is t-test with significant level 0,05. Before the t-test, first tested normality by Liliefors test. The result of normality test in experimental class obtained Lhitung = 0.031 and in control class obtained Lhitung = 0.056. While Ltabel in the experimental class obtained 0162 (n = 30, the significant level of 0.05) and in the control class obtained 0162 (n = 30, significant level 0.05) because the second Lhitung <Ltabel it can be concluded that the data is NORMAL distributed. In addition, the homogeneity test was done by Bartlett test. The result of homogeneity calculation states that 2count <2table or 2.16 <3.84 means both data is HOMOGEN. In the hypothesis test, obtained t count = 4.46 with dk 60 and ttabel = 1.671, so H1 accepted. Thus, there is a positive influence of the use of Active Learning method with Card Sort learning techniques to the learning result of Arabic language of SMA Muhammadiya 12 Jakarta students. Based on the results of the study note that the active learning method with Card Sort learning techniques affect the learning outcomes of Arabic language SMA Muhammadiyah 12 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Zainal Rafli,M.Pd 2) Drs. Chakam Failasuf,M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:22
Last Modified: 25 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27929

Actions (login required)

View Item View Item