EFEKTIVITAS KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN TIME TOKEN ARENDS 1998 TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG

OKHE PUJI PRATIWI, . (2015) EFEKTIVITAS KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN TIME TOKEN ARENDS 1998 TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINILITAS setelah sidang.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN setelah sidang.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan efektif merupakan salah satu kendala yang sering dialami oleh para guru di dalam menerapkan pembelajaran tertentu, tidak terkecuali di dalam pembelajaran bahasa Jepang. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengajarkan bahasa Jepang dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Concept Sentence dan Time Token Arends 1998. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran Concept Sentence dan Time Token Arends 1998 terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang di kelas XI AK SMK YPK Kesatuan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest�Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK YPK Kesatuan dan sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre�test dan post-test) percakapan bahasa Jepang. Selain itu, digunakan juga instrumen berupa angket yang berisi 7 pertanyaan. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil pre-test kemampuan berbicara bahasa Jepang pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 45. Sedangkan hasil post-test kemampuan bahasa Jepang diperoleh nilai rata-rata 79,5. Nilai thitung yang diperoleh adalah 14,04 sedangkan nilai ttabel adalah 2,09 untuk derajat db = 5% dan 2,86 untuk derajat db = 1%. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel, maka terdapat efektivitas kombinasi model pembelajaran Concept Sentence dan Time Token Arends 1998 terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang peserta didik XI AK di SMK YPK Kesatuan. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Jepang dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Concept Sentence dan Time Token Arends 1998 efektif dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,65.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nia Setiawati, M.Pd. ; 2). Viana Meilani Prasetio, S.S.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 04:08
Last Modified: 11 May 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item View Item