OPTIMASI DESAIN CHASSIS KENDARAAN MOBIL HEMAT ENERGI JENIS URBAN CONCEPT SI-JAYA RAYA DENGAN PEMILIHAN TIPE PENAMPANG BATANG

SETIO WAHONO, . (2017) OPTIMASI DESAIN CHASSIS KENDARAAN MOBIL HEMAT ENERGI JENIS URBAN CONCEPT SI-JAYA RAYA DENGAN PEMILIHAN TIPE PENAMPANG BATANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Setio Wahono 5315131653.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi desain rangka kendaraan mobil hemat energi jenis urban concept agar mendapatkan bobot yang lebih ringan namun tidak mengesampingkan faktor kekuatan. Optimalisai yang dilakukan dengan mencari tipe penampang dan ukuran yang ideal dilihat dari segi kekuatan yang optimal dan luas penampang yang relatif kecil. Material yang digunakan adalah alumunium seri 6061. Pembebanan yang dilakukan dalam pengujian yaitu pembebanan statis dan dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode komputasi yang dikenal dengan Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software Autodekk Inventor 2015. Berdasarkan hasil Frame Analysis dan Stress Analysis didapatkan optimasi desain dengan massa 6,75 Kg, safety factor 4,12 untuk beban statis, safety factor 4,31 untuk beban percepatan, safety factor 4,21 untuk beban pengereman, dan safety factor 4,13 untuk beban belok. Hal tersebut lebih ringan dan lebih kuat dari hasil penelitian sebelumnya, dimana penelitian sebelumnya memiliki massa 9,63 Kg serta memiliki safety factor 1,84 untuk beban statis, safety factor 2,51 untuk beban percepatan, safety factor 2,32 untuk beban pengeremn, dan safety factor 2,11 untuk beban belok. This study aims to optimize design frame of vihicle energy-efficient type urban concept in order to get a lighter weight but does not rule out the safety factor. Optimal is done by looking for the ideal cross-sectional type and size in terms of optimal strength and relatively small cross-sectional area. The material used aluminum 6061 series. The loading is done in the test that is static and dynamic.The method used in this research is to use computation method known as Finite Element Analysis (FEA) with Autodeskk Inventor 2015 software. Based on result of Frame Analysis and Stress Analysis, design optimization with mass 6,75 Kg, safety factor 4,12 for static load, safety factor 4,31 for acceleration load, safety factor 4,21 for buffer load, and safety factor 4,13 for turning load. It is lighter and stronger than previous research results, where the previous study has a mass of 9.63 kg and has a safety factor of 1,84 for static load, 2,51 for safety factor load, safety factor 2,32 for the load of the brake, And 2,11 factor safety factor for turning load.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Kholil, ST, MT 2) Dr. Catur Setyawan K., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:07
Last Modified: 26 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item