Oktaviana Nurhidayah, . (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf Download (50kB) |
|
Text
BAB I - BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (618kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Endang Wahyudiana, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 10:58 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 10:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2803 |
Actions (login required)
View Item |