MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)

Oktaviana Nurhidayah, . (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Endang Wahyudiana, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 10:58
Last Modified: 15 Jan 2020 10:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item