REPRESENTASI MASYARAKAT INDONESIA DAN MASYARAKAT AUSTRALIA DI DALAM TEKS FACEBOOK AUSTRALIA EMBASSY, JAKARTA – INDONESIA

SAFIRA SRI UTAMI, . (2017) REPRESENTASI MASYARAKAT INDONESIA DAN MASYARAKAT AUSTRALIA DI DALAM TEKS FACEBOOK AUSTRALIA EMBASSY, JAKARTA – INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. Lembar Publikasi.pdf

Download (364kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (506kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (334kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (326kB)
[img] Text
12. CHAPTER IV.pdf

Download (742kB)
[img] Text
9. CHAPTER I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
13. CHAPTER V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
10. CHAPTER II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
11. CHAPTER III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
18. AUTHOR BIOGRAPHY.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana kedutaan besar Australia merepresentasikan masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia dalam teks yang dipublikasi pada laman resmi facebook Australia Embassy, Jakarta – Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif. Model analisis yang digunakan adalah teori Van Leeuwen. Data pada penelitian ini berupa kata, frasa dan klausa yang mengandung representasi masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia. Sumber data yang digunakan adalah sepuluh teks facebook yang diambil dari laman resmi facebook Australia Embassy, Jakarta – Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua kategori representasi utama, berdasarkan teori Van Leeuwen, digunakan dalam sumber data yaitu exclusion dan inclusion. Exclusion merupakan kategori representasi di mana seseorang dihilangkan dengan sengaja atau tidak dilibatkan dari aktivitas di dalam teks. Sedangkan, inclusion merupakan kategori representasi yang melibatkan seseorang langsung di dalam aktivitas yang terdapat pada teks. Dari 167 representasi, penelitian menemukan bahwa masyarakat Australia lebih banyak dilibatkan pada aktivitas di dalam teks (44.9%) dibandingkan masyarakat Indonesia (28.1%). Sebaliknya, untuk kategori exclusion, Indonesia lebih banyak tidak dilibatkan (16.2%) dibandingkan dengan masyarakat Australia (10.8%). Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan perbedaan representasi antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia. Masyarakat Indonesia direpresentasikan sebagai sosok yang personal, sedangkan masyarakat Australia direpresentasikan sebagai sosok yang berkelompok. Kategori exclusion digunakan untuk menghindari redundansi pada teks. This research was conducted to find out how Australia Embassy represents Indonesian and Australian in the text published by Australia Embassy, Jakarta – Indonesia official facebook page. This research employed qualitative content analysis. The Analytical model used was Van Leeuwen’s framework. The data were words, phrases and clauses which presented the representations. The sources of the data were ten facebook texts taken from Australia Embassy, Jakarta – Indonesia official facebook page. The result showed that two major representational categories were applied, exclusion and inclusion. Exclusion is when people are excluded or intentionally absent from the activity in the text. Meanwhile, Inclusion is when people are included or involved in the activity in the text. From 167 representations, the study found that Australian was included more frequently (44.9%) than Indonesian (28.1%). On the other hand, for exclusion category, Indonesian was excluded more often (16.2%) rather than Australian (10.8%). The findings of this study indicated a differential representation between Indonesian and Australian. Indonesian was represented as a personal human being, while Australian was represented as a group of people. Exclusion category was also used to avoid redundancy in the text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. 2). Dr. Hanip Pujiati.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:42
Last Modified: 26 Apr 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28059

Actions (login required)

View Item View Item