PENGARUH DISPLAY HASIL KARYA TERHADAP KETERLIBATAN AKTIF ANAK

ANJAR PUTRI PAMUNGKAS, . (2015) PENGARUH DISPLAY HASIL KARYA TERHADAP KETERLIBATAN AKTIF ANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (360kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (480kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
abstrak indonesia anjar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
abstrak inggris.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTARanjar.pdf

Download (118kB)
[img] Text
daftar isi anjar.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang keterlibatan aktif anak usia 5-6 tahun melalui display hasil karya. Penelitian ini dilakukan di TK Kasih Ananda sebagai kelompok coba, dan TK Aulia sebagai kelompok pembanding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Adapun sample dalam penelitian ini adalah anak berusia 5-6 tahun di TK Kasih Ananda dan TK Aulia dengan anak usia 5-6 tahun masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan multistage sampling yakni cluster random sampling dan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. hasil pengujian menunjukkan thitung = 9,03 > ttabel = 1,77, artinya ho ditolak dan hi diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah display hasil karya berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan aktif anak usia 5-6 tahun yang merupakan anak kelompok TK B di TK Kasih Ananda dan TK Aulia, kelurahan Bintaro Jakarta Selatan. Implikasi dari penelitian ini adalah guru perlu mengetahui bahwa display hasil karya sangat berpengaruh bagi keterlibatan aktif anak. Anak yang terlibat aktif dalam pembelajaran akan dapat menyerap dengan baik apa yang anak pelajari. Untuk meningkatkan keterliatan aktif anak, maka perlu diperhatikan hal-hal yang mendukungnya seperti menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi anak, menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan guru perlu mempersiapkan kegiatan yang baik bagi anak. This study aims to obtain empirical data on the active involvement of children aged 5-6 years through the display works. This research was conducted in Kasih Ananda kindergarten as an experimental group, and Aulia kindergarten as a comparison group. This study using ex post facto method. As for the sample in this study were children age 5-6 years old in Kasih Ananda kindergarten and Aulia kindergarten with children age 5-6 years old with 15 member each of the. This research use multistage cluster random sampling. Data analysis technique used was t-test. The test results showed T count = 9.03> T table = 1.77, it means that h0 rejected while hi accepted. Conclusion obtained is the display work as an significant effect on the active involvement of children age 5-6 years old of kindergarten be in Aulia Kindergarten and Kasih Ananda Kindergarten, sub-district Bintaro, South Jakarta. The implication of this research is that teacher needs to know how influential the display work for the active involvement of children. Children who are actively involved in learning will be able to absorb very well what children will learn. To increase the active involvement of children, it should be noted that support things like using method that appeal to children, using the media interesting learning, and teachers need to prepare a good activity for children

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si ; 2). Prof. DR. Dr. Myrnawati C.H.,MS.,PKK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 06:02
Last Modified: 11 May 2022 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item View Item