PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS III SDN PASAR MANGGIS 03 SETIABUDI JAKARTA SELATAN

ANNISSA LADIA, . (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS III SDN PASAR MANGGIS 03 SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas III SDN Pasar Manggis 03 Setiabudi Jakarta Selatan melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pasar Manggis 03 Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 26 siswa metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan adalah model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diguakan yaitu nontes, melalui lembar pengamatan. Hasil pengamatan berupa data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Pada siklus I, sebesar 57% dari jumlah siswa , sebanyak 15 siswa, telah mencapai skor motivasi belajar IPA ≥ 80. Pada siklus II sebesar 85% dari jumlah siswa, sebanyak 22 siswa sudah mencapai skor motivasi belajar IPA ≥ 80. Peningkatan hasil pada siklus II ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses merupakan alternatife jawaban dari permasalahan pembelajaran yang menyebabkan kurangnnya motivasi belajar IPA oleh karena itu, pendekatan keterampilan proses dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa sekolah dasar. This classroom action research aims to improve students' motivation to learn science class III SDN Pasar Manggis 03 Setiabudi, South Jakarta through the use of process skills approach. The sample in this study is the third grade students of SDN Pasar Manggis 03 Setiabudi, South Jakarta many as 26 students used method is a method of classroom action research. The model used is the model cycle of Kemmis and Mc. Taggart with each cycle of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used are nontes, through observation sheet. The observation in the form of data obtained from the learning process by using the approach of process skills. In the first cycle, 57% of the total number of students, as many as 15 students, has achieved a score of motivation to learn science ≥ 80. In the second cycle by 85% of the total number of students, as many as 22 students have achieved a score ≥ 80 motivation to learn science. Improved results in the second cycle of this proves that learning with the skills approach is an alternative answer to the process of learning problems that cause a lack of motivation to learn science, therefore, approach process skills can be one way to increase motivation to learn science in primary school students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 06:09
Last Modified: 11 May 2022 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item View Item