HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUANNYA DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) DENGAN MINAT MENJADI GURU

RULLY WIRAWAN, . (2017) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUANNYA DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) DENGAN MINAT MENJADI GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan praktik keterampilan mengajar (PKM) dengan minat menjadi guru di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Dalam penelitian ini, persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan praktik keterampilan mengajar (PKM) sebagai variabel bebas dan minat menjadi guru sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini terdapat 86 mahasiswa atau responden yang akan dijadikan subjek penelitian, maka 86 mahasiswa tersebut akan menjadi sampel sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk variabel bebas (persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan praktik keterampilan mengajar (PKM) dan variabel terikat (minat menjadi guru) yaitu dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan praktik keterampilan mengajar (PKM) sebesar 75% dari yang diharapkan yaitu 100%, sedangkan untuk minat menjadi guru sebesar 72% dari yang diharapkan 100%. Jika dikategorikan dalam interpretasi, persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan PKM dan minat menjadi guru tergolong dalam kriteria baik. Pada uji normalitas Chi Kuadrat dapat disimpulkan bahwa data penelitian variable X dan Y berdistribusi normal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perhitungan untuk data variable X yaitu (χ²)hitung = 1,107 sedangkan nilai (χ²)tabel = 12,6 yang artinya (χ²) hitung < (χ²) tabel. Untuk variabel Y dapat dibuktikan dengan perhitungan (χ²)hitung = 5,006 sedangkan nilai (χ²)tabel = 12,6 yang artinya (χ²) hitung < (χ²) tabel. Pada uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,247. Nilai tersebut bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan praktik keterampilan mengajar (PKM) dengan minat menjadi guru memiliki hubungan yang positif. Pada uji-t menggunakan taraf signifikan sebesar 5% dan diperoleh nilai thitung = 2,34 dan bernilai positif dengan nilai (ρ) ≥ 0 yang berarti berpengaruh signifikan, sedangkan nilai ttabel = 1,67 yang artinya thitung > ttabel. Hasil pengujian pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,061 atau 6,1%. Dengan demikian, hasil penelitian telah membuktikan terdapat kontribusi dan hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kemampuannya dalam melakukan PKM dengan minat menjadi guru. This research aims to find out Correlation Betweeen Students‟ Perception on Their Teaching Skill (PKM) and Their Interest in Becoming A Teacher in Mechanical Engineering Education Department of Universitas Negeri Jakarta. This research is an ex post facto research and falls in the quantitative category by using correlation method. In this research, students‟ perceptions on their teaching skill is the free variable and their interest in becoming a teacher is the related variable. This research uses 86 students as research subjects, so these 86 students will become samples so this research is a population research. The method used to gather data of free variable (students perception on their teaching skill) and related variable (interest in becoming teacher) is by using questionnaire. The research results show that students perception on their teaching skill is 75% out of the expected 100%, while the interest in becoming teacher is 72% out of the expected 100%. When categorized into interpretation, students perception on their teaching skill and their interest in becoming teacher is considered good. On the Chi Square normality test, it is concluded that both research variables X and Y are normally distributed. This can be proved with calculation for data of X variable which is ( 2 ) count = 1,107 while the value of ( 2 ) table = 12,6 which means ( 2 ) count < ( 2 ) table. For Y variable it can be proved with calculation of ( 2 ) count = 5,006 while the value of ( 2 ) table = 12,6 which means ( 2 ) count < ( 2 ) table. The hypothesis test using correlation coefficient shows that correlation coefficient is 0,247. That value is positive so it can be concluded that students perception on their teaching skill with interest in becoming teacher has a positive relation. On the t test using significant standard of 5 % and obtained value of tcount = 2,34 and is positive with the value of (ρ) ≥ 0 which means significantly influential, while the value of ttable= 1,67 which means tcount > ttable. Results of determination coefficient test show that determination coefficient (r2) is 0,061 or 6,1%. Therefore, research results has proven that there are contribution and relation that are positive and significant between students perception on their teaching skill and interest in becoming teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Priyono, M, Pd 2) Dra. Ratu Amilia Avianti, M, Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:29
Last Modified: 26 Apr 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28109

Actions (login required)

View Item View Item