PERBANDINGAN DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP AYAM GORENG KALASAN DARI PRODUK BEKU DAN SEGAR

RUBIYA TAHIRA, . (2017) PERBANDINGAN DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP AYAM GORENG KALASAN DARI PRODUK BEKU DAN SEGAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
rubiya tahira bab1-lampiran fix.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Image
HALAMAN PERNYATAAN.jpg

Download (322kB) | Preview
[img] Text
biya cover fix 24agst.pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan daya terima konsumen terhadap ayam goreng kalasan dari produk beku dan segar yang meliputi aspek warna, rasa, aroma, tekstur. Secara keseluruhan produk sudah diterima baik oleh konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di PT.Saf Indonusa Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan Januari hingga Agustus 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan uji organoleptik panelis sejumlah 30 orang anggota PKK Pondok Bambu. Hasil uji organoleptik dianalisis dengan menggunakan uji U Mann Whitney dengan taraf signifikansi α 0,05. Nilai tertinggi dari rata-rata pada ayam goreng kalasan produk beku dengan nilai (4,7) pada aspek rasa dengan skala hedonik dalam kategori suka, pada aspek tekstur (4,1) dalam kategori suka, pada aspek aroma (4) dalam kategori suka, dan pada aspek tekstur (4,1) dalam kategori suka. Sedangkan rata-rata nilai tertinggi pada aspek warna terdapat pada ayam goreng kalasan segar yaitu dengan nilai (4,4) yang termasuk dalam kategori suka. Berdasarkan hasil statistik dengan uji U Mann Whitney terbukti bahwa terdapat perbedaan pada ayam goreng kalasan produk beku dengan segar pada aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan dari perbandingan daya terima konsumen terhadap ayam goreng kalasan dari produk beku dan segar pada aspek rasa dan aspek tekstur dari ayam goreng kalasan. Sedangkan pada aspek warna dan aspek aroma dari hasil uji U Mann Whitney menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ayam goreng kalasan produk beku lebih disukai oleh konsumen dibandingkan ayam goreng kalasan segar. This researched aims to determine and analyze the ratio of consumer acceptance on fried chicken with kalasan seasoning from frozen products and fresh. that include color, flavor, aroma, and texture. All products are well received by consumers. This research was conducted at PT. Saf Indonusa Jakarta. The time of study this researched started in January until August 2017. This research used analysis method and organoleptic test with 30 members of panelist PKK Pondok Bambu. The results of organoleptic test were analyzed using U Mann Whitney test with significance level α 0,05. The highest average value of the fried chicken kalasan is frozen products with value (4.7) on the flavor aspect with hedonic scale showed in likes category, on the texture aspect (4.1) in likes category, on the aspect of aroma (4) in the likes category, and on the texture aspect with value (4.1) in likes category. Average on the color level in fried chicken fresh kalasan with value (4.4) are included in likes category. Based on statistical results with U Mann Whitney test proved there is the differences betwen fried chicken frozen products with fresh on the aspects of color, flavor, aroma, and texture. Based on these data can be concluded there is a difference from the ratio of consumer acceptance on fried chicken kalasan from frozen products and fresh on the taste and texture aspects of fried chicken kalasan. Meanwhile on the aspect of color and aroma aspects of U Mann Whitney test results showed no significant differences. Based on these data it can be concluded that fried chicken kalasan frozen products are more favored by consumers than kalasan freshly fried chicken.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Mariani, M.Si 2) Dr. Ir. Mahdiyah M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:33
Last Modified: 26 Apr 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28111

Actions (login required)

View Item View Item