PROGRAM PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS WEBSITE SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN PERANGKAT DIGITAL BAGI WARGA BELAJAR PAKET B KELAS VIII (Studi Eksperimen Sederhana di PKBM Negeri 11 Manggarai, Jakarta Selatan)

ANTON SUGIONO, . (2015) PROGRAM PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS WEBSITE SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN PERANGKAT DIGITAL BAGI WARGA BELAJAR PAKET B KELAS VIII (Studi Eksperimen Sederhana di PKBM Negeri 11 Manggarai, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4_LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
5_LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (205kB)
[img] Text
1_LEMBAR JUDUL.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3_LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
10_BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
6_LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
8_BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
9_BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
11_BAB IV.pdf

Download (429kB)
[img] Text
15_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
12_BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang sesuai dengan kurikulum diakibatkan kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar melalui kegiatan pelatihan sebagai perlakuan percobaan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki peserta didik dan yaitu menggunakan perangkat digital sebagai media pembelajaran alternatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sederhana dengan model penelitian kuantitatif yang sifatnya deskriptif analitik dan inferensial. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Paket B Kelas VIII sebanyak 12 orang dari jumlah populasi 26 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan metode sampling purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar (Kognitif) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, angket (afektif), skala penilaian (Psikomotorik), dan daftar checklist untuk pengamatan aktivitas belajar peserta didik dan fasilitator. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar pada pretest dan posttest yaitu, ranah Kognitif : pretest (16,75) dan posttest (27,33), ranah afektif : pretest (0,00) dan posttest (14,25), dan ranah psikomotorik : pretest (0,00) dan posttest (25,66). Sehingga jika dijumlahkan maka hasil rata�ratanya adalah pretest (16,75) dan posttest (67,25). Pengujian signifikansi aktivitas dan hasil belajar peserta didik digunakan rumus uji-t dan diketahui bahwa nilai t hitung 25,187, dengan signifikansi 0,00. Kemudian nilai t tabel untuk df 11 (N-1) pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,201. Berdasarkan hasil, t hitung > t tabel (25,187), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu bahwa “terjadi peningkatan hasil belajar pemanfaatan penggunaan aplikasi website sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui pelatihan penggunaan aplikasi sains berbasis website. roblems in the study was suboptimal results learning on subjects natural science curriculum that fits the resulting lack of learning media. This research aims to optimize learning results students through training activities as treatment experiment by utilizing the potential of learners and are found in the institution that is using a digital device as a media learning alternative. The type of research used are simple experiments with models of research quantitative research which is descriptive analytic and inferensial. The subject in this study are learners Package B class VIII as many as 12 people from a total population of 26 people. Nonprobability sampling techniques namely sampling purposive sampling method sampling. The instrument used is the test result of learning (cognitive) who have tested the validity and reliabilitasnya, now (affective), the scale of assessment (Psychomotor), and a list of learning activities observation checklist for learners and facilitators. The research results obtained average value of data the results of the learning learners on pretest and posttest is, the cognitive domain: pretest (16.75) and posttest (27,33), the affective domain: pretest (0.00) and posttest (14.25), and psychomotor domain: pretest (0.00) and posttest (25,66). So if the average results are then aggregated pretest (16.75) and posttest (67,25). Testing the significance of the activity and results of the study participants used the formula t-test and note that the value t calculate the significance 0.00, with 25,187. Then the value t table for df 11 (N-1) at level of significance of 0.05 is 7,221. Based on the results, t count > t table (25,187), Ho denied and Ha received, namely that "an increase in the results of studying the utilization of the website as application usage-media learning on subjects natural science through the use of science-based applications training website.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W. M.Si ; 2). Daddy Darmawan, M.si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 06:14
Last Modified: 11 May 2022 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item